Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2019, 20:20 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Mantan karyawan Moschino, Shamael Lataillade, mengajukan sederet gugatan terhadap tempatnya kerja dulu. Ia memasukan gugatan ke pengadilan negara bagian California, Amerika Serikat.

Dilansir dari Hypebeast, dari banyak tuduhan, pernyataan paling mengejutkan yang diungkapkan dalam gugatan Lataillade adalah dugaan rasialisme manajemen di gerai Moschino's West Hollywood.

Dalam tuduhan tersebut, Lataillade mengungkapkan, manajemen meminta para staf menyebut pelanggan kulit hitam yang bukan selebritas sebagai "Serena," serta harus "mengawasi" mereka dengan cermat saat berbelanja.

Bukan itu saja, terkadang manajer toko pun menuliskan plat nomor mobil pelanggan yang disebut "Serena". Para staf juga diminta menolak memberikan layanan kepada mereka yang dijuluki "Serena", serta membatasi penjualan untuk pelanggan tersebut. 

Lataillade yang mengaku sebagai seorang wanita Haiti-Amerika, mengingat beberapa contoh diskriminasi yang ia juga terima. Sang manajer, menurutnya, pernah mengejek karena "practicing voodoo".

Menurut gugatan tersebut, setelah Lataillade menghubungi staf perusahaan Moschino untuk melaporkan diskriminasi terhadap dirinya dan pelanggan, sang manajer langsung memecatnya.

Ada pun Lataillade mencari ganti rugi secara materil terkait 17 klaim berbeda, termasuk pelecehan dan diskriminasi ras, pelecehan dan diskriminasi agama, pelecehan dan diskriminasi gender, pelecehan seksual, pencemaran nama baik, pelanggaran kontrak dan banyak lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com