Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Busana Inggris Tertangkap Jual Bulu Asli Sebagai Bulu Palsu

Kompas.com - 10/01/2019, 09:37 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah kampanye penghapusan bulu asli untuk industri busana, dua pengecer online, Boohoo dan Zacharia Jewellersjustru bertindak sebaliknya.

Ternyata produk mereka yang berupa sweater pompon dan ikat kepala kedapatan memakai bulu asli.

Dilansir dari New York Post, kemungkinan bulu yang dipakai adalah dari kelinci. 

"Konsumen harus dapat mempercayai iklan yang mereka lihat dan dengar--dan mereka tentu tidak boleh disesatkan untuk membeli produk bulu palsu dengan hati nurani yang baik hanya untuk itu ternyata berasal dari hewan asli," direktur komplain Advertising Standards Authority Inggris, Miles Lockwood kepada The Guardian.

Menurutnya, apa yang dilakukan Bohoo dan Zacharia Jewellers tidak sekadar menyesatkan, juga bisa sangat menjengkelkan.

Produk bulu asli yang diiklankan sebagai palsu adalah masalah yang tersebar luas di Inggris, dan langsung dikecam oleh kelompok aktivis hewan Humane Society International.

Mereka langsung mengajukan pengujian sampel dan mengonfirmasi jika bulu yang dipakai kedua label tersebut adalah asli. 

Sejak saat itu, baik Boohoo maupun Zacharia sejak langsung berhenti menjual produk-produk  tersebut. 

"Kami memiliki komitmen kuat terhadap penjualan bulu asli di salah satu produk kami. Kami memiliki kebijakan dan prosedur yang kuat untuk memastikan bahwa kami dapat mematuhi ini," kata perwakilan Boohoo dalam sebuah pernyataan.

"Mengikuti penyelidikan oleh HSI, barang tersebut telah dihapus dari penjualan. Kami terus menyelidiki masalah ini secara internal dan dengan pemasok yang bersangkutan, sebagai masalah prioritas."

Zacharia, sementara itu, menyalahkan produsen China untuk campur-baur dan menarik listing-nya dari Amazon.

"Sama sekali tidak dapat diterima bahwa konsumen yang penuh kasih yang berangkat untuk membeli bulu palsu disesatkan untuk membeli bulu asli," Claire Bass, direktur eksekutif Humane Society International, mengatakan kepada BBC.

"Dua contoh ini adalah yang terbaru dalam daftar panjang barang 'bulu palsu' yang kami temukan untuk dijual, jadi kami berharap bahwa keputusan ASA akan mengirimkan pesan yang kuat kepada industri dan membuat pengecer bekerja lebih keras untuk memberikan kepercayaan konsumen dalam rangka menghindari penggunaan bulu binatang."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com