Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/01/2019, 13:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Perasaan kesepian dan terasing saat ini menjadi "penyakit" orang-orang di kota besar. Bahkan, para ahli kesehatan menyebut kesepian sebagai penyebab kematian yang tinggi seperti halnya penyakit jantung atau kanker.

Tak sedikit orang yang bertahan dalam kesepian. Dan, mereka yang merasakannya tahu bahwa mengusir kesepian tidak semudah menempatkan diri di keramaian.

Psikolog dari Dignity Health, Dr Stephanie Parmely, menjelaskan, kesepian meningkatkan hormon kortisol atau hormon stres. Dalam jangka panjang, efek negatifnya akan terlihat.

"Hal ini berdampak negatif terhadap sistem imun dan sistem jantung. Kesepian juga menurunkan produktivitas dan kebahagiaan seseorang sehingga bisa berdampak pada pekerjaan dan kehidupan sosial," ujarnya.

Manusia menjadi sosial karena lingkungan dan manusia juga membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup.

"Kita membutuhkan interaksi lebih dan keterikatan dengan yang lain untuk merasa tidak kesepian," kata Parmely.

Masuk ke dalam percakapan mendalam dan memiliki hubungan mendalam adalah cara mencegah kesepian. Namun, jika kamu merasa masih kesulitan mendapatkannya, para pakar berbagi tipsnya bagaimana mengatasi rasa kesepian tersebut, seperti dilansir dari Bustle.

1. Relawan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Gerontology: Social Sciences menemukan bahwa kegiatan relawan setidaknya 2 jam dalam seminggu bisa membantu kita melalui hari-hari ketika kesepian datang.

Psikiater Gene Beresin, MD menjelaskan, kunci melawan kesepian adalah dengan bertemu dengan orang lain.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan bergabung dengan organisasi komunitas atau membantu orang lain dengan menjadi relawan.

"Proses ini tidak hanya membantumu keluar dari isolasi sosial, tapi juga mensyukuri rasa memberi dan terhubung dengan orang lain," ujarnya.

Baca juga: 10 Bahaya bagi Kesehatan di Balik Rasa Kesepian

2. Mindfulness

Para peneliti dari UCLA menemukan bahwa program meditasi sederhana yang mendorong perasaan kesadaran pada saat ini (mindfulness) bertahan sekitar delapan minggu untuk mengatasi kesepian pada orang dewasa.

Beresin mengatakan, kesepian adalah persepsi dan sebuah rasa yang subyektif sehingga banyak individu yang kesepian memandang keadaan mereka sebagai "cara hidup". Padahal, hal itu tidak selalu fakta yang tidak bisa diubah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com