Kompas.com - 10/01/2019, 15:15 WIB
Ilustrasi jalan kaki PointImagesIlustrasi jalan kaki
Editor Wisnubrata

Jalan kaki menawarkan segudang manfaat yang baik buat kesehatan. Sayangnya, banyak orang yang secara tak sadar melakukan kesalahan saat berjalan kaki. Akibatnya, manfaat yang ditawarkan dari aktivitas satu ini jadi tak optimal.

Apa kesalahan yang sering dilakukan saat berjalan kaki?

1. Langkah kaki telalu lebar

Ilustrasi jalan kakierlobrown Ilustrasi jalan kaki
Kebanyakan orang yang jalan cepat pasti secara refleks akan melangkahkan kakinya lebar-lebar. Hal ini sebenarnya tidak tepat. Langkah kaki yang terlalu lebar justru dapat membuat gerakan terasa lebih berat dan lambat. Betis dan tulang kering juga cepat terasa nyeri.

Lebih baik ambillah langkah yang lebih pendek, tapi dengan irama gerakan yang lebih cepat.

2. Minum terlalu sedikit

Ilustrasi minum airDragonImages Ilustrasi minum air
Sama seperti ketika melakukan olahraga lainnya, pastikan memenuhi asupan cairan yang cukup sebelum, selama, dan setelah jalan kaki. Bawa botol minum saat berjalan kaki agar terhindar dari dehidrasi sekaligus menjaga asupan cairan tubuh secara optimal. Terutama dalam cuaca panas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hindari minuman yang mengandung kafein karena minuman jenis ini justru dapat menyebabkan cepat haus dan kehilangan banyak cairan. Sebaiknya, pilihlah air biasa.

3. Pakai sepatu yang tidak tepat

High heels.Thinkstock High heels.
Tidak semua sepatu olahraga cocok digunakan untuk jalan kaki. Jika sepatu yang kamu pakai untuk berjalan tidak tepat, kamu akan lebih mungkin untuk mengalami plantar fasciitis, terkilir, hingga masalah lutut.

Halaman:


Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.