Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin Beres-beres Rumah karena Pengaruh Marie Kondo

Kompas.com - 10/01/2019, 17:40 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Setelah serial Tidying Up With Marie Kondo diputar di saluran streming televisi Netflix pada awal Januari 2019, banyak orang merasa tergugah untuk membereskan rumahnya.

"Aku juga ingin membersihkan rumahku". "Aku ingin merasakan gembira (joy)."

Begitulah niatan banyak orang setelah menyaksikan serial tersebut.

Marie Kondo adalah perempuan Jepang yang terkenal lewat bukunya The Life Changing Magic of Tidying Up. Metodenya dikenal dengan KonMari.

Menurut filosofi KonMari, banyaknya barang-barang yang berantakan dan tidak terpakai di rumah, bisa menyebabkan stres.

Sebaliknya, rumah yang rapi dan bebas dari tumpukan barang, akan mendatangkan rasa bahagia dan hidup yang bermakna.

Proses bebenah rumah itu dimulai dari membenahi kelompok pakaian, buku, kertas dan dokumen, item nostalgia, hingga komono atau barang selain kelompok sebelumnya.

Memilah barang bisa dimulai dengan kategorisasi dalam benda yang masih digunakan, yang punya nilai kenangan, yang akan diberikan ke orang lain, dan yang akan didaur ulang.

Inspirasi

Metode beres-beres ala Konmari ini memang menginspirasi banyak orang. Salah satunya Jamie Feldman, seorang jurnalis.

Setelah menonton serial tersebut ia mulai termotivasi untuk membereskan apartemennya yang dipenuhi baju, sepatu, tas, dan barang-barang lain.

"Karena percobaan pertama saya mencoba metode ini gagal, saya mencoba lagi dengan minta bantuan teman untuk memilih barang. Saya rekomendasikan minta tolong teman yang rumahnya lebih rapi dibanding kita," kata Feldman.

Feldman mengatakan, setelah menerapkan metode KonMari, ia menyingkirkan hampir 70 persen isi lemarinya, yakni pakaian dan juga sepatu.

Mendapatkan rumah yang rapi memang tidak instan. Dalam serial tersebut orang-orang yang dibantu Marie dalam membereskan rumah perlu waktu sampai sekitar sebulan.

Prosesnya berjalan pelan-pelan dan sebisa mungkin melibatkan anggota keluarga dalam satu rumah sehingga timbul kesadaran bersama.

Jika ingin mengetahui lebih dalam konsep dan cara mempraktikkan metode KonMari, di Indonesia kamu bisa bergabung dengan Komunitas Gemar Rapi yang rutin mengadakan seminar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com