Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2019, 07:15 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksen pita pada busana diprediksi masih akan menjadi tren mode di 2019.

Desainer Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD), Nina Septiana menjadi salah satu desainer yang kerap mengaplikasikan aksen pita pada busananya.

Misalnya, pada salah satu busana yang akan dipamerkannya pada ajang Hong Kong Fashion Week Fall/Winter 2019. Busana dengan dominasi warna perak tersebut dihiasi dengan pita berwarna hitam pada bagian kerah atasannya.

Desainer Nina Septiana ketika mengikat pita pada salah satu koleksi busana yang akan dibawa ke ajang Hong Kong Fashion Week Fall/Winter 2019.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Desainer Nina Septiana ketika mengikat pita pada salah satu koleksi busana yang akan dibawa ke ajang Hong Kong Fashion Week Fall/Winter 2019.
"Di 2019 sendiri pita akan kembali menjadi tren," kata Nina dalm konferensi pers di Aljazeera Polonia, Jakarta Timur, Kamis (10/1/2018).

Nina menambahkan, pita melambangkan feminisme. Aksen tersebut kemudian menjadi penyeimbang sebuah pakaian yang memiliki potongan maskulin.

Apalagi, saat ini semakin banyak perempuan yang berkegiatan aktif sehingga menggunakan busana yang praktis serta memudahkan mobilitas.

"Jadi, gaya maskulin akan diseimbangkan oleh pita untuk sisi femininnya," ucap perempuan yang memiliki label "Nina Nugroho" itu.

Aksen pita tersebut bisa disematkan di berbagai bagian busana. Selain kerah, pita juga bisa menjadi aksen pada bagian bawah baju, pergelangan tangan, dan bagian lainnya.

Salah satu busana dengan aksen pita koleksi desainer Nina Septiana yang diunggah pada akun @ninanugrohostore.Instagram @@ninanugrohostore Salah satu busana dengan aksen pita koleksi desainer Nina Septiana yang diunggah pada akun @ninanugrohostore.
Aplikasi aksen pita ditunjukkan Nina lewat beberapa busana rancangannya. Misalnya, seperti dilihat pada akun @ninanugrohostore, beberapa pakaian menyertakan aksen pita. Sehingga, potongan busana yang cenderung sederhana dan maskulin bisa tetap terlihat feminin.

Seperti peletakan aksen pita secara menyamping di bagian bawah atasan.

Nina menambahkan, tren aksen pita ini juga tidak hanya berlaku untuk busana muslim (modest wear) saja.

"Ini untuk the whole trend, ya," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com