Kompas.com - 11/01/2019, 08:36 WIB
Ilustrasi kulit terkelupas shutterstockIlustrasi kulit terkelupas
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Walau bermanfaat dan menyehatkan, namun sinar matahari adalah salah satu musuh bebuyutan bagi kesehatan kulit. Bukan cuma bikin kulit jadi gelap dan belang, terkena sinar matahari terlalu lama juga sering menyebabkan kulit terasa perih dan mengelupas.

Akibatnya, kita sering tergoda untuk mengorek atau menarik kulit yang terkelupas satu persatu. Eits, tahan dulu. Ada baiknya ikuti panduan merawat kulit terkelupas karena sinar matahari berikut ini.

Sebelum mulai mengelupas, kulit yang sering terkena sinar matahari awalnya akan terlihat kemerahan dan meradang. Lama-kelamaan kulit akan terasa perih, kering, dan mulai mengelupas.

Baca juga: Cara Mengobati Kulit Melepuh Akibat Terbakar Sinar Matahari

Jangan panik dulu. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kulit mengelupas karena sinar matahari, di antaranya:

1. Banyak minum air putih

Ilustrasi minum airg-stockstudio Ilustrasi minum air
Minum air putih adalah salah satu cara paling mudah, murah, dan cepat mengembalikan kekurangan cairan tubuh. Begitu juga pada kulit, hal ini dapat membantu mengatasi kulit kering dan mengelupas karena sinar matahari.

Pastikan selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Semakin banyak cairan yang kita minum, maka pengelupasan kulit akan semakin berkurang dan segera pulih.

Baca juga: 6 Kebaikan yang Didapatkan Jika Rutin Minum Air Hangat

2. Mandi dengan suhu air suam-suam kuku

Ilustrasi manditorwai Ilustrasi mandi
Jika kamu terbiasa mandi air panas atau air dingin setiap hari, sebaiknya hindari dulu kebiasaan tersebut untuk sementara waktu. Suhu air yang terlalu panas atau dingin dapat meningkatkan rasa perih dan memperparah peradangan pada kulit.

Mandilah dengan air hangat atau dengan suhu air suam-suam kuku supaya pengelupasan kulit jadi lebih mudah tanpa membuatnya terasa sakit. Akan tetapi, jangan langsung mandi air hangat jika kulit masih mengelupas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X