Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2019, 09:42 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rambut tipis merupakan masalah yang cukup umum dialami banyak orang. Pada wanita, hal ini akan membuat penampilan terlihat lepek. Ada triknya agar rambut terlihat lebih tebal dan bervolume.

1. Pilih potongan rambut yang tepat

Beberapa produk rambut mungkin bisa menambah volume rambut. Namun, potongan rambut yang memberi ilusi rambut tebal adalah kuncinya.

Karena rambut halus rentan bercabang, rambut yang lebih panjang berpotensi berakhir kusut dan tipis. Jadi, rambut dengan panjang sedang, sebahu atau pendek adalah opsi terbaik.

Meski begitu, jika ingin tetap memiliki rambut panjang, mintalah agar potongan bergaya layer cut atau choppy layer agar tampak lebih tebal.

Jika memilih layer, mintalah penata rambut untuk memastikan ujung rambut tumpul, karena layering berat yang menuju ke bawah bisa membuat bagian atas tampak lebih tebal daripada bagian bawah.

Contoh beberapa model rambut para selebriti, seperti Margot Robbie, Emma Roberts dan Elsa Pataky, yang sering menggunakan model layered bob atau lob.

Model rambut ini cocok dengan berbagai bentuk muka dan mudah diatur.

2. Menggunakan produk styling

Produk styling seperti busa penebal rambut (thickening foams), semprotan dan mousse bisa digunakan sebagai produk penataan instan yang membuat volume rambut terkesan tebal.

Penting untuk mengaplikasikannya secara lembut dan pada bagian ujung rambut terlebih dahulu, sebelum naik ke atas. Hal ini untuk memastikan formula produk tidak berat pada rambutmu yang tipis.

Baca juga: Perawatan Terkini untuk Miliki Rambut ala Blow Salon

3. Biarkan rambut kering hingga 90 persen

Cara terbaik untuk membuat volume rambut terkesan lebih tebal adalah menunggunya kering hingga 90 persen sebelum menggunakan pengering rambut dan sisir.

Sisir jari rambutmu secara rutin akan membantu merapikan helai-helai yang kusut dan juga membantu memperbaiki tekstur natural rambut.

4. Teknik blow

Ketika rambut sudah akan kering, mulailah mengeringkannya (blow-drying) dengan mengambil sedikit bagian rambut pada puncak kepala dan gulung pada sisir sikat.

Ketika sudah tergulung semua, tarik rambut ke bagian atas dan fokus mengeringkan bagian akarnya secara menyeluruh untuk membuat bagian akar sedikit terangkat.

5. Gunakan produk yang menambah tekstur

Untuk menambah ekstra volume dan badan rambut, sempurnakan gayamu dengan menyemprotkan texturising dry shampoo. Tidak hanya menambah tekstur, produk ini juga akan membersihkan rambut dari minyak berlebih sehingga rambut tampak lebih sempurna dan tahan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com