Penyebab Sulit "Move-On" dari Mantan Pacar

Kompas.com - 14/01/2019, 08:23 WIB
Ilustrasi kesepianLewisTsePuiLung Ilustrasi kesepian

KOMPAS.com - Berpacaran lalu putus adalah hal yang biasa, namanya juga sedang mencari calon pasangan hidup yang tepat.

Masalahnya, bagi sebagian orang hubungan yang kandas bisa menyisakan rasa sedih, bahkan sulit berpaling (move on).

Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu hindari agar lebih mudah melupakan sosok sang mantan dan memantapkan hati untuk mencari pengganti yang lebih baik.

Pakar hubungan Rori Sassoon mencoba menjelaskan beberapa faktor yang membuatmu sulit 'move on' dari mantan.

1. Ada pada lingkungan sosial yang sama

Lingkaran pertemanan yang sama seringkali menjadi faktor utama yang membuat kita semakin sulit 'move on' dari mantan kekasih tanpa kita sadari.

Sassoon menjelaskan, semakin lama kita bersama dengan seseorang, kemungkinan kita memiliki teman yang sama dengan orang tersebut akan semakin luas.

Ketika hal itu terjadi, tak heran jika salah satu temanmu mungkin masih mengabarimu jika ia melihat sang mantan tengah pergi bersama orang baru.

"Tergantung seberapa dekat kamu dan dia sebagai pasangan, kadang kamu juga tidak bisa hadir pada sebuah pesta karena mantan kekasihmu pasti ada di sana," kata Sassoon.

Baca juga: Segera Akhiri Hubungan, Jika Pacaran Diwarnai Kekerasan Fisik

2. Masih melihat media sosial mantan

Media sosial bisa menjadi medium untuk berkenalan dengan orang baru. Namun, media sosial juga bisa menjadi mimpi buruk ketika kamu sedang mencoba untuk memulihkan diri dari putus cinta.

Belajar dari banyak kasus, lebih baik kamu tidak lagi mengikuti akun media sosial mantan kekasihmu atau berhenti menggunakan media sosial tertentu selama beberapa waktu. Sehingga kamu punya waktu untuk memberi jarak dari mantanmu.

3. Masih ada dalam suasana kegelisahan

Hal ini tergantung pada siapa berpisah dengan siapa. Seringkali, ketika kita putus cinta kita akan berpikir: "apakah aku bisa menemukan seseorang yang bisa memperlakukan aku sebaik dia?" atau "kalau tidak putus, kami pasti...".

Halaman:



Close Ads X