Bisakah Kebiasaan Jalan Kaki Bantu Luruhkan Lemak Perut?

Kompas.com - 15/01/2019, 12:01 WIB
Ilustrasi jalan kaki ShutterstockIlustrasi jalan kaki
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Lemak perut adalah lemak yang sangat bandel dan tidak bisa dihilangkan meski kita melakukan crunch atau plank cukup rajin.

Diperlukan strategi khusus untuk bisa mengurangi lemak pada area tersebut.

Ketika berat badan kita turun, tubuh akan memutuskan sendiri area mana yang akan mengecil. Artinya, kita harus menurunkan berat badan secara keseluruhan untuk mendapatkan hasil pada bagian perut.

Kamu bisa melakukannya dengan memberlakukan kalori defisit sehat, memilih makanan kaya nutrisi, dan membakar kalori (serta menguatkan otot) melalui olahraga.

Jalan kaki adalah olahraga yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Tapi, apakah jalan kaki bisa membantu mengurangi lemak perut?

"Jalan kaki sebagai olahraga bisa membantu menghilangkan lemak perut. Tetapi bagaimanapun, intensitas olahraga akan menjadi pembeda dalam usaha tersebut," kata Personal trainer tersertifikasi ACSM sekaligus pemikik Jim White Fitness and Nutrition Studios, Jim White, RDN.

Jadi, dalam kasus ini, olahraga lari akan memberikan efek yang lebih besar terhadap lemak perut ketimbang jalan kaki.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Berat Badan Tidak Turun walau Sering Jalan Kaki

Namun, kardio apapun sebetulnya merupakan olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Kardio akan membantu membakar kalori tubuh dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Jim merekomendasikan setidaknya kardio 300 menit per minggunya untuk bisa melihat hasil terhadap lemak perut.

Bagi orang-orang yang sudah aktif, Jim merekomendasikan lari atau naik tangga (atau menggunakan stairclimber) karena jalan kaki biasa mungkin belum bisa meningkatkan denyut jantung mereka.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X