Manfaatkan E-Bay, Seorang Ibu Hasilkan Rp 21,8 Juta dari Jual Pakaian Bekas - Kompas.com

Manfaatkan E-Bay, Seorang Ibu Hasilkan Rp 21,8 Juta dari Jual Pakaian Bekas

Kompas.com - 15/01/2019, 17:52 WIB
Karen McTweed menjual beberapa pakaian dan barang-barang rumah tangganya yang sudah tidak terpakai di e-Bay, dan mendapatkan Rp 21,8 juta.The Sun, Karen McTweed Karen McTweed menjual beberapa pakaian dan barang-barang rumah tangganya yang sudah tidak terpakai di e-Bay, dan mendapatkan Rp 21,8 juta.

GLASGOW, KOMPAS.com - Karen McTweed (53), seorang ibu rumah tangga di Skotlandia, menghasilkan Rp 21,8 juta dari hasil menjual barang-barang lama di rumahnya. Penjualan itu dilakukan dalam kurun waktu setahun di situs lelang online, e-Bay.

Tak hanya itu, Karen juga melelang pakaian lama milik anak-anaknya dan juga barang-barang lain yang sudah tidak terpakai.

"Pada saat saya belum memiliki cucu, saya punya beberapa masalah kesehatan dan hanya bisa bekerja paruh waktu. Akhirnya saya mulai menjual pakaian anak-anak saya dan pakaian orang dewasa yang sudah tidak terpakai untuk mendapatkan uang tambahan," ujar McTweed, seperti dilansir The Sun.

Dari hasil lelang baju secara online itu, dalam 10 tahun McTweed mendapatkan 12.500 pound atau sekitar Rp 227,16 juta.

Selain melelang barangnya di e-Bay, McTweed juga mempromosikan barang dagangannya dengan sesama pemburu barang murah di forum online LatestDeals.co.uk.

McTweed memberikan informasi bahwa ia telah menjual pakaian, sepatu, dan beberapa barang-barang rumah tangga selama bertahun-tahun.

"Kamu bisa menjual apa saja di e-Bay yang nantinya akan ada seseorang yang membeli barangmu," ujar McTweed.

Baca juga: David Beckham dan Istri Lelang Busana yang Dipakai Saat Royal Wedding

Dalam bisnisnya di e-Bay, McTweed termasuk produktif karena ia telah menjual puluhan barang sekaligus.

McTweed mengungkapkan, biasanya ia akan menjual sebanyak empat hingga lima pakaian atau sedikit barang-barang rumah tangga lainnya dalam seminggu.

Namun, ia juga pernah mengalami ketika dagangannya tidak laku dalam beberapa minggu.

Untuk memasok barang dagangan, McTweed juga menjual beberapa barang milik temannya, Stuart Turner, yang diberikan kepadanya.

Dalam penentuan harga, McTweed mematok harga Rp 1,82 juta untuk sebuah alarm pencuri yang tidak lagi dibutuhkannya.

Menurut dia, ia melakukan penjualan ini untuk liburan bersama anak-anak dan cucunya suatu saat nanti.

Baca juga: Braun Buffel Gandeng 20 Seniman untuk Lelang Amal

Sistem e-Bay

McTweed mengimbau kepada orang-orang yang ingin meniru bisnisnya bahwa sistem pengiriman uang yang digunakan e-Bay akan mengambil sekitar 10 persen dari hasil penjualan.

Sistem e-Bay lain, yakni penjual akan dikenakan biaya sebesar 35 penny atau sekitar Rp 6.300 untuk pendaftaran suatu barang.

Sementara, untuk situs transaksi online PayPal memberikan biaya operasional sebesar 3,4 persen dari total penjualan, ditambah biaya transaksi sebesar 20 penny atau sekitar Rp 3.600.

Meskipun PayPal menawarkan biaya yang lebih murah dari e-Bay, McTweed tetap berdagang melalui e-Bay karena ia telah menjalani 10 tahun menjual barang di situs tersebut.

Tak hanya itu, kini kedua anak McTweed pun turut menjual beberapa barang yang sudah tidak terpakai dan layak jual di situs e-Bay.


Terkini Lainnya


Close Ads X