Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demam #10YearsChallenge di Medsos, Siapa yang Memulai?

Kompas.com - 16/01/2019, 14:36 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tren #10YearsChallenge saat ini tengah populer dan menjadi aksi yang banyak dilakukan pengguna media sosial di seluruh dunia dalam beberapa hari terakhir.

Pria, wanita, tua, atau muda tak mau kalah menunjukkan perbandingan dirinya dalam 10 tahun melalui unggahan foto. Mereka menyandingkan foto lama yang diambil sekitar 2008 atau 2009 dengan foto terbarunya pada 2018 atau 2019.

Ada yang terlihat tidak jauh berbeda. Ada juga yang terlihat berubah, baik dari segi penampilan, gaya busana, make up, dan sebagainya.

Hingga Rebu (16/1/2019), lebih dari 1,3 juta foto yang berasal dari berbagai negara diunggah di Instagram menggunakan tagar #10YearsChallange. Pertanyaannya, siapa yang memulai tantangan ini hingga menjadi viral?

Dilansir dari laman yang mengulik tren di media sosial, Know Your Meme, tantangan #10YearsChallenge berawal dari unggahan seorang meteorolog dari Oklahoma bernama Damon Lane di Facebook, @KOCOdamonlane.

Baca juga: Melihat Gaya Dian Sastro hingga Denny Sumargo dalam #10YearsChallenge

Lane mengunggah sebuah foto pada 11 Januari waktu setempat, yang menyandingkan foto dirinya di masa lalu dan masa sekarang.

Awalnya, Lane menyebut unggahan itu sebagai tantangan "How Hard Did Age Hit You". Foto itu diambil dari foto profil pertama dan terkini di Facebooknya.

Dalam keterangan foto, Lane juga mengajak orang-orang untuk melakukan hal yang sama dan melihat perbedaan apa yang sudah terjadi selama ini.

Setelah diikuti oleh beberapa temannya, tren tantangan yang dimulai Lane ini menjadi viral di media sosial. Bukan lagi di Facebook, namun di Instagram.

Akan tetapi, nama tantangannya berubah menjadi #10YearsChallenge. Diperkirakan durasi 10 tahun diambil dari jarak waktu masa awal Facebook banyak digunakan masyarakat dunia hingga hari ini.

Sementara itu, menurut Memepedia, tren serupa juga pernah terjadi sebelumnya, yakni "Puberty Challenge" pada 2017, dan "Glow Up Challenge" pada 2018.

Semuanya memiliki kesamaan konsep, yakni membandingkan perkembangan diri melalui foto masa lalu dan masa kini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com