Benarkah Merendam Kaki Dengan Air Garam Baik Bagi Kesehatan?

Kompas.com - 16/01/2019, 15:15 WIB
Ilustrasi merendam kaki shutterstock Ilustrasi merendam kaki

KOMPAS.com - Terapi merendam kaki dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu teknik yang dikenal dengan istilah hidroterapi. Hidroterapi sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu dengan mandi, mengompres, dan merendam kaki dengan air hangat.

Teknik ini ternyata sudah dikenal sejak zaman Yunani. Namun, akhir-akhir ini larutan garam kerap kali juga digabungkan dalam hidroterapi menggunakan air hangat. Lantas, apakah hal tersebut bermanfaat dan baik bagi kesehatan?

Ternyata adanya kandungan garam pada air dapat menjadi antiseptik yang dapat membantu meredakan infeksi pada kaki. Tak hanya itu, pada mereka yang mengalami eksim pada kulitnya, terapi ini juga dapat membantu proses penyembuhan.

Baca juga: Ingin Atasi Stres? Coba Tambahkan Garam Saat Berendam

Bagaimana bisa? Ternyata air hangat dapat meningkatkan respon sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Perawatan sederhana ini juga dapat meningkatkan kerja fagosit dalam tubuh untuk menghancurkan kotoran dan melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dan zat sisa) pada darah.

Tak hanya dapat menjadi antiseptik, merendam kaki dengan air hangat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Merendam kaki dalam air hangat dibarengi dengan teknik relaksasi napas, akan menurunkan tekanan darah cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena air hangat menciptakan efek pelebaran dan memperlancar pembuluh darah.

Merendam kaki dengan air garam juga cukup ampuh untuk insomnia

Ilustrasi kakishutterstock Ilustrasi kaki
Terapi merendam kaki dengan air garam ternyata bermanfaat bagi mereka yang lelah seusai pulang bekerja dan sering mengalami kesulitan tidur hingga insomnia.

Pasalnya, terapi ini ternyata dapat membantu merelaksasikan otot-otot, membantu menciptakan rasa nyaman dan menghilangkan ketegangan tubuh.

Hal ini disebabkan karena merendam kaki dengan air garam akan membuat aliran peredaran darah pada kaki menjadi terbuka dan lancar. Aliran yang lancar ini akan membantu menciptakan rasa nyaman pada kaki dan menghilangkan pegal-pegal, terlebih bila dilakukan seusai beraktivitas seharian.

Baca juga: Depresi dan Insomnia? Cobalah Berendam dengan Air Hangat...

Adakah risiko dari merendam kaki dengan air garam?

Bila kita merendam kaki terlalu lama dan ternyata air yang digunakan tidak bersih, perawatan tersebut malah dapat menyebabkan munculnya dermatosis alias masalah kulit pada kaki.

Gejala dermatosis bermacam-macam, mulai dari nyeri pada kulit, kulit menjadi kemerahan, perih, hingga tubuh yang mengalami demam.

Bila sudah mengalami gejala-gejala seperti ini, kita harus berhati-hati dan memastikan bahwa air yang digunakan bersih dan tidak terkontaminasi bakteri atau kotoran lain.



Sumber

Close Ads X