Kompas.com - 16/01/2019, 16:16 WIB
Ilustrasi bau kaki shutterstockIlustrasi bau kaki
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bau kaki sebenarnya bukan masalah medis yang serius, tapi ini dapat memengaruhi kehidupan seseorang dan juga orang lain disekelilingnya.

Bau kaki juga sering membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Banyak orang dengan bau kaki menjadi takut untuk melepas sepatunya di depan banyak orang. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau kaki?

Bau kaki atau dalam istilah medis disebut dengan bromodosis yang biasanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di kaki.

Meski normalnya setiap orang memiliki bakteri alami yang hidup di kaki, tapi jika jumlahnya berlebihan maka dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Menggunakan sepatu dan kaus kaki sepanjang hari, bisa membuat kaki berkeringat dan menjadi lembap. Kondisi ini disenangi bakteri untuk berkembang biak. Jika kita tidak memperhatikan kebersihan kaki, kaus kaki dan sepatu, bau kaki mudah muncul.

Baca juga: Waspadai, 4 Penyebab Bau Kaki

Berikut berbagai cara atau tips untuk menghilangkan bau kaki:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi menyemprot sepatushutterstock Ilustrasi menyemprot sepatu
Kaus kaki dan sepatu bisa menyebabkan kaki berkeringat, yang bisa memperburuk bau kaki. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi atau menghilangkan bau kaki yang terkait dengan alas kaki, antara lain.

Kaus kaki

Menggunakan kaus kaki dalam waktu lama atau tidak berganti-ganti dapat memicu bau kaki. Karena itu gunakan kaus kaki dengan bahan yang mudah menyerap keringat, sehingga bisa mengurangi bau tidak sedap pada kaki. Pastikan juga mengganti kaus kaki dengan rutin setiap hari.

Sepatu

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.