Kompas.com - 16/01/2019, 17:17 WIB
Ilustrasi kaki dan sepatu olahraga shutterstockIlustrasi kaki dan sepatu olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain menyehatkan tubuh, olahraga lari juga banyak digemari karena bisa membuat badan dan pikiran segar.

Bila sering berolahraga lari, entah itu maraton atau sekadar jogging, kamu pasti pernah mengalami beberapa keluhan khas seperti kaki pegal, muncul kapalan, atau kaki jadi bau kurang sedap.

Nah, itu tandanya kamu perlu melakukan perawatan kaki khusus supaya bisa tetap berolahraga dengan kaki yang sehat. Tak cuma memilih sepatu dan kaus kaki yang tepat untuk lari, kamu juga harus melindungi kaki dengan perawatan. Bagaimana caranya?

1. Lepas sepatu dan kaus kaki setelah lari

Setelah selesai berolahraga, jangan berlama-lama mengenakan sepatu dan kaus kaki yang dipakai aktivitas. Segera lepas sepatu dan kaus kaki, ganti dengan sandal yang memberikan sirkulasi udara buat kaki.

Pasalnya, sepatu dan kaus kaki yang lembap dan berkeringat setelah digunakan lari akan jadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan bakteri.

2. Cuci kaki

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menjaga kebersihan kaki dan kuku kaki, rajinlah mencuci kaki setiap hari. Baik itu setelah olahraga lari atau setelah bepergian.

Cuci kaki dengan air bersih dan sabun. Pastikan menjangkau setiap sela-sela jemari. Keringkan sampai tuntas dengan handuk. Cuci kaki dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau kaki tak sedap.

Baca juga: Waspadai, 4 Penyebab Bau Kaki

3. Rajin potong kuku

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.