Cara Mudah Menghilangkan Bau Sepatu Olahraga

Kompas.com - 17/01/2019, 08:46 WIB
Ilustrasi sepatushutterstock Ilustrasi sepatu

KOMPAS.com — Bau sepatu merupakan masalah yang umum bagi setiap orang, khususnya bagi mereka yang sering beraktivitas fisik menggunakan sepatu yang sama.

Masalah bau sepatu tidak hanya mengganggu, namun juga akan membuat kita tidak percaya diri. Tentu saja, sepatu tidak akan menjadi bau jika kaki yang memakainya tidak bau.

Banyak orang memiliki masalah ini setiap hari, tetapi beberapa orang memilih untuk tidak mengakuinya, sementara yang lain telah melakukan berbagai cara mengatasinya, namun gagal.

Apa yang membuat sepatu olahraga bau? Sebelum kita mengetahui cara menghilangkan bau sepatu, mari kita perhatikan terlebih dahulu penyebab bau sepatu berikut:

  • Bakteri. Ini adalah penyebab paling umum dari bau sepatu. Bakteri yang datang dari keringat dan tempat lain, akan melekat pada sepatu. Bakteri akan berkembang terutama dalam keadaan lembap.
  • Keringat. Secara alami, kaki akan berkeringat. Keringat inilah yang menyebabkan bakteri muncul dan bahkan berkembang biak.
  • Masalah kaki lainnya. Ada kalanya bau disebabkan oleh luka yang terinfeksi. Jika kamu memiliki luka yang memerlukan perhatian khusus, maka tanganilah dengan segera.

Cara alami menghilangkan bau sepatu

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah dengan menyingkirkan bau yang dapat tercium oleh orang lain, terutama ketika kamu melepas sepatu. Berikut cara-cara alami menghilangkan bau sepatu yang dapat dilakukan di rumah:

1. Menggunakan baking soda

Ilustrasi sepatushutterstock Ilustrasi sepatu
Baking soda dapat bertindak sebagai pewangi yang baik untuk sepatu, dan terkadang untuk kaki. Hanya saja, jangan lupa untuk menghapus baking soda dari dalam sepatu pada pagi hari agar serbuk tidak menempel di kaus kaki ketika sepatu digunakan.

Setelah selesai menggunakan sepatu, taburi sedikit baking soda pada bagian dalam sepatu. Diamkan semalaman, setelah itu bersihkan baking soda sebelum menggunakan sepatu kembali.

2. Meletakkan kulit jeruk di dalam sepatu

Kulit jeruk juga dapat menyingkirkan bau sepatu. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sifat anti-bakteri yang terdapat dalam kulit jeruk.

Oleh karena itu, jeruk dapat mencegah perkembangbiakan bakteri dan membunuh bakteri yang hadir dalam sepatu. Bau jeruk yang kuat akan menyerap bau busuk di sepatu sekaligus menawarkan kesegaran di sepatu.

Caranya adalah dengan mengambil 2 buah jeruk dan kupas kulitnya. Tempatkan kulit jeruk tersebut pada sepatu dan biarkan semalaman sehingga kulit jeruk akan menyerap bau sepatu dan memberikan keharuman.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Sumber

Close Ads X