Langkah Sederhana untuk Hidup Lebih Sehat

Kompas.com - 18/01/2019, 09:10 WIB
Ilustrasi minum airbaiajaku Ilustrasi minum air

KOMPAS.com – Memiliki tubuh yang sehat, bugar, dan produktif, menjadi impian banyak orang, tapi untuk mewujudkannya banyak orang merasa pesimis.

Hidup sehat dianggap sulit, mahal, dan menyengsarakan. Akhirnya kita malah membiarkan diri larut dalam kebiasaan buruk. 

Jika kamu adalah salah satu yang masih melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, cobalah tanamkan pada diri sendiri beberapa hal berikut:

  • Berhenti melakukan hal-hal dalam hidup yang tidak sehat atau buruk bagi diri sendiri. Bagi banyak orang, hal ini tidak mudah. Meski begitu, penting untuk melakukan langkah positif setiap harinya meskipun hanya hal kecil.
  • Mulai melakukan hal-hal yang membawa manfaat kesehatan dan kesejahteraan diri.
  • Terus konsisten melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan menanamkan pikiran tersebut dalam diri, kamu akan cenderung lebih mudah untuk membiasakan diri dengan hal-hal positif.

Nah, berikut kebiasaan positif yang bisa mulai kamu terapkan dengan rutin untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, berdasarkan saran dari experienced strength and conditioning expert dari Sydney, Todd Liubinskas:

1. Meningkatkan asupan air

Setiap harinya kita disarankan untuk mengkonsumsi air minimal 2,1 liter untuk perempuan dan 2,6 liter untuk laki-laki. Hal termudah untuk mengaplikasikannya adalah dengan minum sekitar 500 ml atau 1 liter setiap bangun pagi. Sehingga setidaknya tubuhmu sudah memenuhi setengah dari total kebutuhan cairan dalam sehari hanya dengan minum di pagi hari.

2. Beristirahat dari teknologi

Baik disadari maupun tidak, kita kini banyak menghabiskan waktu dengan teknologi dan gawai. Jika memungkinkan, carilah waktu untuk beristirahat dari semua kegiatan yang berkaitan dengan teknologi. Seperti media sosial atau berhenti sementara menggunakan gawai selama satu jam dalam sehari. Cobalah meningkatkan waktunya sedikit demi sedikit sehingga kebiasaan itu tidak akan terasa sulit.

3.  Melangkah lebih banyak

Cobalah untuk beraktivitas fisik lebih banyak, salah satunya adalah dengan jalan kaki. Kamu bisa mencoba jalan kaki ketika mencari makan di luar alih-alih menggunakan kendaraan atau bisa pula berkeliling pusat perbelanjaan dan taman yang ada di sekitar.

4.  Sadar lingkungan

Mulailah dari hal kecil, seperti membawa botol minum sendiri ketika membeli kopi di kedai kopi atau menghindari penggunaan sedota. Kamu juga bisa memilih gelas keramik ketimbang gelas plastic ketika membeli kopi atau minuman lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X