Kompas.com - 22/01/2019, 06:06 WIB
Ilustrasi berjalan kaki bernardbodoIlustrasi berjalan kaki
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Berjalan kaki adalah salah satu olahraga ringan yang paling banyak dipilih. Selain lebih praktis dan mudah dilakukan, manfaat berjalan kaki juga beragam.

Namun, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal dibutuhkan kurang lebih 10.000 langkah kaki setiap harinya. Bagaimana cara mewujudkannya?

Tetap bergerak aktif sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak melulu harus berolahraga terlalu keras, jantung kita ternyata bisa tetap sehat dan kuat hanya dengan berjalan kaki secara rutin.

Dilansir dari Cleveland Clinic, latihan kardiovaskular seperti jalan kaki dapat menurunkan detak jantung saat istirahat, tekanan darah, kolesterol, dan menormalkan gula darah.

Terlebih bila kita rutin berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari, maka ini sama saja sudah berjalan 8 kilometer! Bayangkan setiap 1 kilometer yang berhasil kita tempuh dengan berjalan kaki akan membakar 35-120 kalori.

Baca juga: Perubahan yang Dirasakan Jika Rutin Jalan Kaki 30 Menit Sehari

Ini artinya, hanya dengan berjalan 10.000 langkah kaki setiap hari sudah bisa membakar hingga 1.000 kalori dalam tubuh. Itulah kenapa, para ahli tak lagi ragu bahwa manfaat berjalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan.

Cara mudah mewujudkan 10.000 langkah kaki setiap hari

Mungkin kedengarannya sulit dan berat, namun ini bukan berarti mustahil dilakukan. Ada beberapa cara yang akan membuat kita lebih sering berjalan kaki.

1. Parkir kendaraan yang jauh

Ketika pergi jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, toko buku, atau ke kantor, pastikan memarkir kendaraan jauh dari tempat tujuan. Mau tidak mau, kamu akan terpaksa berjalan kaki lebih banyak untuk bisa sampai ke tempat tujuan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.