Manfaat Jalan Kaki Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik, Tapi Juga Mental

Kompas.com - 22/01/2019, 08:08 WIB
Ilustrasi jalan kakidanielvfung Ilustrasi jalan kaki

KOMPAS.com - Bosan dengan rutinitas yang monoton? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki bisa membuat mood atau suasana hati menjadi lebih baik.

Jalan kaki adalah olahraga yang paling murah. Tanpa harus membeli alat-alat berat yang mahal agar bisa berkeringat, jalan kaki dengan jarak tertentu sudah membantu tubuh dalam kelancaran proses metabolisme.

Cobalah bangun dari kursi, pergilah keluar ruangan sebentar. Lalu habiskan waktu di luar luangan dengan menikmati pancaran sinar matahari, semilir angin, bertemu dengan banyak orang, dan hal lainnya yang membuatmu lebih bersemangat. Terlebih jika hal tersebut dilakukan bersama dengan pasangan atau sahabat pasti kamu akan lebih bahagia.

Menurut Jeff Miller, Ph.D seorang psikolog dari Saint Xavier University, berjalan kaki memberikan dampak yang positif seperti sebuah energi.

Baca juga: Negara Manakah yang Penduduknya Paling Malas Berjalan?

Berjalan kaki mampu mengendalikan perasaan menjadi berbunga-bunga, meningkatkan rasa antusias, sukacita, kegembiraan, dan kepekaan. Pasalnya berjalan kaki mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak yang membuat diri kita merasa lebih baik.

1. Membantu melawan depresi

Berjalan kaki ternyata dapat membantu dalam memerangi depresi. Penelitian menunjukkan, berjalan kaki rutin selama tiga kali per minggu mampu membakar 350 kalori dan terbukti bisa mengurangi gejala depresi hampir seefektif obat antidepresan.

Olahraga jalan kaki juga dapat dikombinasikan dengan terapi obat-obatan untuk mengontrol dan mengobati depresi berat.

2. Meningkatkan kadar vitamin D

Manfaat lain dari berjalan secara teratur, terutama di luar ruangan adalah peningkatan kadar vitamin D. Pasalnya kekurangan vitamin D akan meningkatan risiko depresi serta gangguan afektif musiman (SAD).

Meskipun vitamin D tersedia di beberapa makanan, seperti produk susu, namun banyak orang terutama mereka yang bekerja di dalam ruangan sering abai untuk sekedar mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

3. Mengusir pikiran negatif


Page:
Sumber

Close Ads X