Mengenal Diet CICO, yang Penting Kalori Masuk dan Keluar Sama

Kompas.com - 22/01/2019, 10:33 WIB
Ilustrasi kalori shutterstockIlustrasi kalori
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ini ada banyak program diet yang mengklaim sebagai cara terbaik dan tercepat untuk menurunkan berat badan. Salah satunya diet CICO (Calories In Calories Out).

Dalam diet CICO, orang tidak perlu memilih makanan, yang penting perhatikan jumlah kalori yang masuk dan keluar sama. Lantas, apakah efektif melakukan diet CICO?

Dilansir dalam laman Everyday Health, pada dasarnya, berat badan memang berkaitan dengan jumlah kalori yang masuk dan keluar dari tubuh.

Jika kalori yang masuk lebih sedikit dari yang keluar, maka berat badan akan turun. Sebaliknya, kalau kalori yang masuk lebih banyak dari pada yang keluar, timbangan berat badan akan bertambah.

Nah, konsep itulah yang menjadi landasan diet CICO. Dalam diet CICO, kamu bisa makan apapun yang diinginkan selama kalori yang masuk tidak lebih banyak dari jumlah kalori yang dikeluarkan sehari-hari.

Jadi, apapun makanan atau minuman yang dimasukan ke tubuh itu tidak masalah, entah itu makan karbohidrat, lemak, atau protein saja, yang penting kalori masuk dan keluar haruslah sama.

Baca juga: Cara Hitung Kebutuhan Kalori Harian

Para pendukung diet CICO berpendapat bahwa tidak ada pedoman terhadap apa yang harus dimakan, selama kita bisa membuat kalori yang masuk lebih sedikit dari yang keluar.

Apakah efektif untuk menurunkan berat badan?

Ilustrasi menghitung kalorishutterstock Ilustrasi menghitung kalori
Untuk menjalankan diet ini, kita perlu menghitung berapa kalori makanan yang kita habiskan dan jenis olahraga apa saja yang besarnya sama dengan kalori yang dimakan tersebut.

Misalnya saja, kamu pagi ini makan nasi goreng yang memiliki kalori sekitar 500 kalori. Nah, kamu harus mencari aktivitas yang bisa membakar 500 kalori. Tentu saja hal ini sulit dilakukan karena rumit, dan belum tentu bisa akurat menghitung berapa kalori makanan yang kamu makan.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X