Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2019, 11:39 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang bilang, anjing adalah teman terbaik untuk manusia. Anjing bisa membantu menjaga rumah, menuntun orang buta, menjadi hewan kesayangan, hingga teman bermain dan berolahraga.

Sayang tidak semua anjing bisa bermain sepuasnya. Banyak pemilik anjing tidak memiliki halaman atau rumah cukup luas, sehingga peliharaan mereka kurang ruang gerak. Beberapa anjing bahkan lebih banyak tinggal di kandang yang sempit.

Nah, bila anjingmu termasuk kurang bermain, ada tempat menarik yang bisa membuatnya bisa bergerak dan bersosialisasi dengan hewan sejenisnya.

Tempat itu bernama Paws Dog’s Dream Park, yang dibuka di Summarecon Mall Kelapa Gading pada 5 Januari 2019. Tempat ini menjadi taman bermain khusus hewan peliharaan pertama yang terletak di pusat perbelanjaan.

Berlokasi di Gading Walk MKG, Paws menyediakan beragam fasilitas bermain dan ketangkasan di ruang terbuka, termasuk kolam renang khusus untuk anjing.

Paws dibagi menjadi dua area bermain beralaskan rumput sintetis. Area pertama khusus untuk anjing jenis kecil dan area kedua khusus untuk anjing jenis besar, yang terhubung dengan kolam renang berukuran 9 x 3 meter.

Menurut Tommy L., Center Director Summarecon Mall Kelapa Gading, Paws dibuat untuk melengkapi fasilitas serta pengalaman para pengunjung yang datang ke Mall Kelapa Gading.

“Kami melihat besarnya antusiasme dan kebutuhan para dog lovers akan suatu area yang nyaman dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama anjing kesayangan,” ujar Tommy.

Selain taman bermain, Paws juga menyediakan jasa Grooming, Dog Day Care, dan Dog Hotel. yang disediakan untuk memanjakan hewan peliharaanmu.

Grooming tersedia dalam beberapa pilihan, antara lain Blow Dry untuk membilas, mengeringkan, dan mengharumkan anjing yang selesai berenang. Kemudian ada Express Grooming yang hanya sekedar bilas, shampo, dan pengeringan, serta ada juga Basic Grooming yang lebih detail dalam proses pembersihannya.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 45.000 dan tergantung pada berat anjingnya.

Sedangkan jasa penitipan anjing atau Dog Day Care disediakan bagi mereka yang ingin jalan-jalan ke mal dan harus meninggalkan anjingnya. Biaya penitipan ini Rp 50.000 per tiga jam atau Rp 100.000 satu hari penuh.

"Dog Day Care menjadi fasilitas penting, karena walaupun anjing tidak diperbolehkan masuk ke dalam area mall, kini pengunjung dapat menitipkannya di Paws”, tambah Tommy.

Sedangkan untuk biaya menginap alias Dog Hotel, biayanya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per malamnya, tergantung dari berat anjing yang dititipkan.

Paws buka setiap dari dari pukul 10.00 hingga 22.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 50.000 untuk satu ekor anjing dan dapat ditemani oleh dua pendamping.

Walaupun begitu, ada beberapa peraturan yang harus ditaati oleh para pengunjung. Selama di dalam area Paws, anjing tetap menjadi tanggung jawab pemilik.

Selain itu, para pengunjung wajib membersihkan kotoran anjingnya untuk menjaga kebersihan area. Setelah pemilik membersihkan kotoran peliharaannya, pihak Paws akan memberikan antiseptic di tempat tersebut. (Aldo Christian Sitanggang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com