Kompas.com - 23/01/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com — Bersih-bersih rumah bisa menjadi awal untuk memiliki kondisi mental yang lebih sehat.

Ini karena barang yang menumpuk dan berserakan di sekitar rumah bisa menggambarkan apa yang ada di hati dan pikiran kita.

Penulis buku One Year to an Organized Life, Regina Leeds, mengatakan, jika ada banyak hal yang tidak terselesaikan dalam hidup kita, demikian pula dengan kacaunya barang-barang di rumah kita.

Bila kita sudah tergerak untuk membereskan kekacauan itu, berarti sudah ada keinginan untuk mengubah gaya hidup.

"Dengan melakukan beres-beres, kita bukan cuma menghemat waktu dan uang, tapi self-esteem akan meningkat dan juga level energi. Kita terbuka pada perubahan," kata Leeds.

Ia percaya bahwa kerapian rumah akan mendatangkan kedamaian hati. Karena itu, ia menyebut aktivitas beberes rumah sebagai aktivitas spiritual yang terkenal dengan "Zen Organizer".

Baca juga: Rajin Beres-beres Rumah karena Pengaruh Marie Kondo

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pakar pengorganisasi rumah, Marie Kondo, juga mengatakan bahwa kegiatan merapikan rumah merupakan sebuah proses yang bisa mengubah individu.

Dalam acara reality show "Tidying Up with Marie Kondo" yang diputar di Netflix, wanita asal Jepang ini membuktikan bagaimana hubungan antar-anggota keluarga ikut berubah setelah mereka bersama-sama beberes rumah.

Bikin bahagia

Dalam pandangan ilmu psikologi, membereskan rumah memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental, termasuk mendatangkan rasa bahagia.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.