Bahaya Stunting Ketika Berat Badan Bayi Terus Turun

Kompas.com - 23/01/2019, 19:22 WIB
Ilustrasi bayi tidur javi_indyIlustrasi bayi tidur

KOMPAS.com - Berat badan bayi menjadi tolak ukur dari kecukupan gizinya. Berat badan yang terus turun jangan dibiarkan karena bisa menyebabkan stunting.

"Stunting selalu dimulai dengan penurunan berat badan, biasanya pada usia 3 bulan karena asupan makannya kurang gizi," papar Dr.dr.Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K), dalam acara MilkVersation Hari Gizi Nasional yang diadakan oleh Frisian Flag di Jakarta (23/1/2019).

Angka anak balita stunting di Indonesia saat ini mencapai 30,8 persen. Angka ini masih jauh dari batas kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia, yakni 20 persen.

"Persoalan stunting bukan sekadar perawakan tubuh yang pendek, tetapi kecerdasannya rendah. Ini akan merugikan negara," kata Damayanti.

Ia menambahkan, asupan makanan yang tidak cukup tidak lantas membuat anak pendek. Namun, kurang gizi kronik tersebut akan menyebabkan penurunan fungsi berpikir otak, baru akhirnya stunting.

Baca juga: Penyebab Berat Badan Bayi Tak Bertambah

Menurut Damayanti, pada bayi dengan berat badan kurang dari 10 kilogram, sekitar 50 persen energinya akan dipakai tubuh untuk perkembangan otaknya.

"Bisa dibayangkan berapa banyak penurunan IQ-nya kalau anak sampai stunting," ujar dokter yang menjadi konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Itu sebabnya, bayi yang berat badannya turun merupakan alarm bagi orangtua.

Penyebab berat badan tidak bertambah bisa bermacam-macam, misalnya ada infeksi, diare berkepanjangan, masalah penyerapan, atau memang asupan makanannya tidak memenuhi gizi. Karena itu harus dicari tahu penyebabnya.

Deteksi dini

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X