Kompas.com - 24/01/2019, 12:01 WIB
Ilustrasi pria di gym dorian2013Ilustrasi pria di gym
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Olahraga memang terkadang membuat badan terasa nyeri setelahnya. Biasanya hal ini terjadi saat kita kurang pemanasan, baru olahraga setelah sekian lama tak pernah melakukannya, atau karena olahraga yang terlalu berat.

Banyak yang bertanya-tanya, kira-kira apakah boleh lanjut latihan jika badan masih sakit setelah olahraga sebelumnya?

Siapa yang pernah merasa otot nyeri seperti tertarik setelah olahraga? Biasanya kondisi ini dialami karena adanya delayed onset muscle soreness (DOMS). DOMS mungkin terjadi setelah olahraga, sekitar hari pertama atau kedua pascalatihan.

Penyebabnya yaitu robekan otot mikroskopis, kerusakan pada jaringan otot yang terjadi selama latihan, atau adanya penumpukan produk buangan seperti asam laktat dan kalsium. Mencoba olahraga baru atau meningkatkan intensitasnya menjadi pemicu DOMS yang paling sering.

Baca juga: Yang Terjadi Pada Otot Setelah Latihan Angkat Beban

Jika kamu mengalami rasa sakit yang tak tertahankan, tentu saja sebaiknya jangan lanjut olahraga terlebih dahulu. Biarkan tubuh memulihkan diri sepenuhnya.

Pasalnya, jika memaksakan untuk berolahraga saat tubuh sedang terasa nyeri, ini akan memberikan tekanan berlebih pada ligamen dan tendon. Akibatnya, kita berisiko tinggi untuk mengalami cedera.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ketika badan masih sakit setelah olahraga sebelumnya, seseorang biasanya akan mengalami gangguan koordinasi dan memiliki rentang gerak yang lebih terbatas. Hal ini bisa membuat kita lagi-lagi berisiko tinggi untuk cedera jika dipaksakan untuk terus berolahraga.

Akan tetapi, kita juga harus bisa membedakan mana rasa sakit yang normal dan mana yang tidak. Jika rasa sakitnya hanya sekadar pegal saja atau nyeri otot ringan dan tidak mengganggu, kita bisa tetap berolahraga. Nyeri otot jenis ini biasanya terjadi hanya karena tubuh sedang menyesuaikan diri di awal-awal latihan.

Baca juga: Badan Sakit Setelah Olahraga? Jangan Menyerah Dulu

Menurut Carly Ryan, ahli fisiologi olahraga di Exercise and Sports Science, Australia, kita bisa melakukan berbagai olahraga ringan seperti berenang atau jalan santai saat mengalami DOMS.

Olahraga ringan ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses pemulihan. Aliran darah ke otot akan membantu memperbaiki dan meningkatkan kelenturan serta mobilitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X