Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Olahraga Terlalu Berat Bisa Bikin Tak Bergairah di Ranjang!

Kompas.com - 25/01/2019, 17:05 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Sekarang ini, semakin banyak orang yang rutin berolahraga supaya kesehatannya terjaga. Tapi saking semangatnya, ada yang tidak sadar bahwa ternyata telah berolahraga secara berlebihan.

Bukan cuma meningkatkan risiko cedera, olahraga terlalu berat dan berlebihan ini bisa menyebabkan gairah seks menurun, lho! Bagaimana bisa?

Olahraga adalah salah satu cara yang paling sehat dan efektif untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, olahraga memaksa otot-otot tubuh jadi berkontraksi untuk membakar sedikit demi sedikit kalori.

Nah, mereka yang ingin berat badan cepat turun, kadang memaksakan diri untuk terus-terusan olahraga sampai tak ingat waktu. Padahal over training bukanlah sesuatu yang baik.

Menurut penelitian University of North Carolina, Amerika Serikat yang dimuat dalam jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise tahun 2007, olahraga yang terlalu berat dan sering terbukti dapat menurunkan libido pria.

Ada tiga hal yang diteliti dalam riset ini, yaitu jenis olahraga, durasi, dan seberapa sering olahraga dilakukan. Hasilnya, pria yang melakukan olahraga intensitas rendah, seperti bersepeda atau berjalan kaki, cenderung memiliki gairah seks lebih tinggi daripada pria yang melakukan olahraga intensitas tinggi.

Begitu juga bila dilihat dari durasi olahraganya. Semakin lama kita berolahraga, ditambah lagi bila olahraganya terlalu keras, libido bisa menurun hingga 4 kali lebih cepat. Ini artinya, pria yang terlalu aktif berolahraga cenderung memiliki libido yang rendah dibandingkan pria yang olahraga secukupnya.

Baca juga: Pria yang Gemar Olahraga Berat Jarang Bercinta

Ilustrasi tertidur di gymLUNAMARINA Ilustrasi tertidur di gym
Sebetulnya, para ahli belum tahu dengan jelas kenapa olahraga terlalu berat dapat menurunkan libido pria. Anthony Hockey, penulis utama sekaligus dosen fisiologi olahraga dan nutrisi di University of North Carolina, menduga hal ini berkaitan dengan penurunan hormon testosteron yang sering terjadi setelah olahraga.

Olahraga yang dilakukan secara intens dapat memicu hipogonadisme pada pria. Hipogonadisme adalah kondisi ketika testis sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak menghasilkan hormon seks, yaitu hormon testosteron.

Jika kita terus-terusan melakukan latihan ketahanan atau olahraga terlalu berat, maka hormon testosteron yang dihasilkan akan semakin menurun atau bahkan tidak dihasilkan sama sekali. Akibatnya, gairah akan berkurang saat hendak berhubungan intim dengan pasangan.

Sama seperti saat kita berendam air panas atau sauna, olahraga terlalu berat juga membuat tubuh jadi kepanasan. Perlu dicatat bahwa suhu panas adalah musuh terbesar bagi sperma.

Semakin panas suhu tubuh, maka sel-sel sperma akan lebih cepat mati. Maka tak heran jika setelahnya, kita jadi malas bercinta karena tak lagi bergairah.

Baca juga: Terlalu Sering Olahraga Kardio Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

Tak hanya untuk pria

Tidak hanya pada pria, bahaya olahraga berlebihan juga mengintai kehidupan seksual wanita. Ya, olahraga berlebihan juga dapat menyurutkan hormon seks pada wanita.

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh menyebabkan siklus menstruasi para wanita jadi tidak teratur, alias berantakan. Bahkan, ada pula wanita yang tidak haid sama sekali karena keseringan olahraga.

Jika kamu dan pasangan sama-sama rajin berolahraga, tapi keterusan alias berlebihan, kalian berdua akan semakin susah punya anak. Dorongan seks yang tidak maksimal, ditambah lagi dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, menyebabkan pembuahan semakin sulit terjadi.

Oleh karena itu, ketika gairah seks dirasa menurun, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dokter mungkin akan menyarankan jenis olahraga yang aman untuk kondisi itu.

Terlebih bagi kamu yang ingin segera punya momongan, dokter juga akan meminta untuk menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari makan makanan yang sehat, menghindari stres, dan memilih olahraga dengan jenis dan durasi yang tepat. Dengan begitu, harapan untuk segera punya momongan akan terwujud sesegera mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com