Langkah Cermat Memilih Suvenir Pernikahan

Kompas.com - 28/01/2019, 09:15 WIB
Ilustrasi souvenir pernikahan shutterstockIlustrasi souvenir pernikahan
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com – Suvenir pernikahan mungkin bukan hal pertama yang terlintas di pikiran calon pengantin ketika hendak merencanakan pernikahan.

Padahal, memilih suvenir pernikahan juga memerlukan kecermatan. Sebab, uang yang harus dikeluarkan untuk suvenir pernikahan ternyata tidak sedikit, lho.

Nah, apa saja yang harus dicermati ketika memilih suvenir pernikahan?

1. Budget

Alokasi budget tentu menjadi hal pertama yang harus ditetapkan. Jangan lupa mengalikan harga satuan souvenir dengan jumlah tamu undangan. Jika sudah menentukan alokasi budget, kamu baru bisa memilih suvenir yang diinginkan.

Harga suvenir sangat variatif. Kompas Lifestyle sempat menanyakan kepada beberapa vendor souvenir pernikahan yang ikut serta dalam pameran Indonesia Dream Wedding Festival di Jakarta Convention Center (JCC) akhir pekan kemarin.

Fine Souvenir, misalnya, menyediakan berbagai jenis suvenir pernikahan dengan rentang harga Rp 4.000 hingga Rp 65.000.

“Hitung budget-nya kira-kira berapa, paket kami sudah lengkap dengan packaging, cetak nama, “thank you” card, dengan harga murah klien juga bisa dapat suvenir berkesan,” kata koordinator marketing Fine Souvenir, Nissa.

Contoh souvenir pernikahan dari Kens Collection yang dipamerkan pada gelaran Indonesia Dream Wedding Festival di JCC Senayan, 25-17 Januari 2019.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Contoh souvenir pernikahan dari Kens Collection yang dipamerkan pada gelaran Indonesia Dream Wedding Festival di JCC Senayan, 25-17 Januari 2019.
2. Barang fungsional

Kita mungkin masih sering menemukan suvenir pernikahan yang tidak jelas fungsinya atau sekadar pajangan. Pemilihan souvenir memang bergantung pada selera setiap calon pengantin. Namun, saat ini banyak calon pengantin yang rupanya mementingkan fungsi dari souvenir yang dipilihnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X