Kenali Kegunaan Tepung Maizena dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kompas.com - 28/01/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi tepung teriguTimmary Ilustrasi tepung terigu

KOMPAS.com - Ada beraneka ragam jenis tepung. Salah satunya tepung maizena. Jenis tepung ini biasanya dimanfaatkan untuk memasak. Padahal, kegunaan tepung ini sangat banyak.

Tepung maizena sebenarnya adalah sebutan populer di Indonesia untuk tepung yang berasal dari biji jagung. Kata maizena sesungguhnya berasal dari sebuah merek tepung jagung yang berasal dari Meksiko.

Untuk menghasilkan tepung maizena, jagung digiling hingga menjadi tepung yang sari patinya diambil. Selanjutnya proses perendaman dan fermentasi dilakukan. Sari pati itulah yang dinamakan dengan tepung maizena.

Mempunyai ciri khas berupa warna putih dan tekstur yang halus, tepung ini dikenal bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac dan penyakit penyimpanan glikogen.

Untuk Masakan

Kegunaan tepung maizena yang utama tentu tidak lepas dari masakan. Tepung pati jagung ini sering menjadi bahan tambahan atau malah sebagai bahan pengganti untuk tepung terigu untuk pembuatan makanan. Sebagai contoh adalah pembuatan cake, kue kering, bubur, , atau puding.

Baca juga: Memasak Termasuk Keahlian yang Harus Diajarkan ke Anak

Banyak pula yang memakainya sebagai saus atau pengental masakan sup. Namun, karena sebagai campuran, pemakaian tepung maizena tidak boleh terlalu banyak agar tekstur masakan yang diinginkan bisa pas.
    
Selain itu, kegunaan tepung maizena lainnya adalah untuk pelapis makanan. Biasanya tepung dari biji jagung ini dicampurkan dengan tepung terigu untuk menggoreng. Nanti rasa renyah bakal diperoleh dalam makanan tersebut. Hal itu dikarenakan tepung maizena bisa meningkatkan penyerapan minyak dan kerenyahan makanan.
    
Bukan hanya itu, kegunaan tepung maizena juga terasa dalam ketika hendak membuat saus vla atau custard. Setelah vla atau custard matang, tepung ini  bisa dicampur ke dalam adonannya untuk disimpan di dalam wadah tertutup. Hal ini berguna untuk mencegah perubahan tekstur.
    
Namun, meski kegunaan tepung maizena besar, jangan terlalu banyak menambahkannya di berbagai jenis masakan. Jika ditambahi tepung maizena terlalu banyak, makanan akan lebih cepat basi.

Baca juga: Tepung Jamur Tiram
    
Untuk Kesehatan

Selain punya peran menambah cita rasa dan tekstur, tepung ini mempunyai manfaat besar untuk tubuh. Apa sajakah?
    
? Sumber kalori yang baik
Tidak semua orang menghindari asupan kalori dalam jumlah banyak. Banyak pula yang membutuhkannya karena ingin meningkatkan berat badan ke level ideal. Kalau seperti itu, konsumsilah tepung maizena yang merupakan kalori besar. Lihat saja, di dalam setiap satu sendok makan tepung maizena terkandung 30 kalori.

Untuk mendapatkan kegunaan tepung maizena ini, cukup campurkan ke dalam berbagai jenis makanan seperti yogurt, puding, kentang tumbuk, atau sereal. Masukkan saja dalam porsi sedikit agar tidak merusak rasa dan tekstur makanan aslinya.

? Penghasil energi
Kegunaan tepung maizena akan terlihat nyata bagi mereka yang membutuhkan energi dalam jumlah besar. Jenis tepung ini kaya akan kandungan karbohidrat yang bisa diolah tubuh sebagai sumber energi.

Di setiap satu sendok makan tepung maizena terdapat 8 gram karbohidrat.
Selain sebagai sumber energi, karbohidrat diperlukan tubuh untuk mengatur fungsi tubuh lain. Contohnya adalah menjaga pernapasan, detak jantung, serta kerja otak tetap optimal.

? Membantu penanganan hipoglikemia
Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal. Rentang kadar gula normal seseorang adalah 72 hingga 108 mg/dl pada saat puasa. Jumlah itu mencapai mencapai 140 mg/dl kurang lebih dua jam setelah makan. Biasanya gejala hipoglikemia akan mulai dirasakan seseorang jika darah mereka di bawah 70 mg/dl.

Kegunaan tepung maizena untuk penderita hipoglikemia sangat besar. Mengonsumsinya bakal membantu penurunan kadar gula darah penderitanya ketika tengah tidur. Meski begitu, tidak disarankan untuk menggunakan tepung maizena sebagai sarana pengobatan hipoglikemia.

 Baca juga: Waspadai, 4 Risiko pada Tubuh saat Kekurangan Karbohidrat

Artikel ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Honestbee



Terkini Lainnya


Close Ads X