Kompas.com - 28/01/2019, 20:20 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Semandiri apa pun, kamu pasti akan tetap membutuhkan orang lain dalam hidup, entah itu orangtua, keluarga, teman, rekan kerja, hingga pasangan. Terkadang, rasa cinta membuat kita sangat bergantung orang lain, termasuk pada pasangan.

Dalam hubungan berpacaran atau pernikahan sekalipun, kita pasti membutuhkan kehadiran pasangan dalam hal apa pun. Misalnya saat meminta bantuan memasang lampu yang rusak, memintanya turut hadir di acara keluarga, atau sekadar menentukan tempat makan malam.

Rasa butuh terhadap pasangan memang menjadi salah satu tanda bahwa kita memang mencintainya. Akan tetapi kalau dilakukan secara berlebihan, tanpa disadari pasangan malah bisa jadi tidak nyaman.

Dale Atkins, PhD, seorang psikolog sekaligus penulis The Kindness Advantage, juga mengungkap bahwa terlalu bergantung pada pasangan justru bisa mengikis kebahagiaan diri sendiri. Akibatnya, kamu berubah jadi sosok yang manja dan tidak bisa berbuat apa-apa tanpa bantuan pasangan.

Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu terlalu bergantung pada pasangan.

1. Selalu ikut ke mana pun

Tidak ada satu pun orang yang ingin ditinggalkan oleh pasangannya. Akan tetapi, kalau terlalu berlebihan, hal ini bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu sudah bergantung dengan pasangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contohnya, kamu rela batal hadir di acara keluarga atau acara teman hanya karena pasangan tidak bisa hadir. Padahal, kamu tahu bahwa acara tersebut penting dan membutuhkan kehadiranmu.

Ingat, kamu tidak harus pergi ke mana-mana bersama pasangan, kok. Berikan ruang satu sama lain. Ada kalanya pasangan punya kesibukan lain, begitu juga dengan kita masing-masing.

2. Marah saat pasangan berkata “tidak”

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.