Kompas.com - 31/01/2019, 18:02 WIB
Fase Demam Berdarah KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoFase Demam Berdarah

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan mencatat bahwa temuan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia terus meningkat sejak awal Januari 2019.

Hingga 29 Januari 2019, tercatat bahwa jumlah penderita DBD ditemukan sebanyak 13.683 orang di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, angka kematian akibat DBD mencapai 133 orang.

Untuk itu, ada baiknya untuk mengenal sejumlah fase dalam DBD untuk dapat mengantisipasi penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Fase awal adalah saat pasien mengidap demam tinggi, bahkan hingga mencapai 40 derajat Celcius. Fase ini disertai sakit kepala, serta mual dan muntah.

Berikutnya adalah fase ketika pasien merasa sembuh, tetapi sebenarnya masuk masa kritis. Masa inilah yang perlu diwaspadai.

Lalu bagaimana gejala dalam tiap fase itu? Berikut infografiknya:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Fase Demam Berdarah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.