Tips Menghindari Masalah Kulit Wajah Bagi Wanita Berhijab

Kompas.com - 31/01/2019, 19:41 WIB
Aktris Laudya Cynthia Bella ketika menghadiri peluncuran produk perawatan kulit Nameera Aquatic Botanical di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019). KOMPAS.com/Nabilla TashandraAktris Laudya Cynthia Bella ketika menghadiri peluncuran produk perawatan kulit Nameera Aquatic Botanical di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda. Namun, wanita berhijab memiliki beberapa permasalahan umum yang sama. Seperti perbedaan warna kulit wajah pada bagian yang terbuka dan tertutup hijab atau pun masalah jerawat.

Dr. Irmadita Citrashanty, SpKK berbagi tips mengatasi sejumlah permasalahn kulit wanita berhijab. Seperti apa tipsnya?

1. Masalah kulit "belang"

Ketika seorang wanita menggunakan hijab, sebagian kulit wajah akan tertutup dan sebagian lainnya terbuka. Bagi sejumlah orang, bagian wajah yang terekspos tersebut seringkali memiliki warna yang lebih gelap daripada bagian yang tertutup.

Untuk mencegahnya, Irma menyarankan untuk selalu menggunakan tabir surya, baik ketika akan bepergian ke luar rumah atau hanya berdiam di rumah.

Menurutnya, penelitian terbaru menemukan bahwa proses penuaan dan perubahan warna kulit tidak hanya disebabkan oleh sinar matahari melainkan juga dari akumulasi paparan dari sumber cahaya lainnya (visible light).

"Seperti lampu sorot, komputer, bahkan handphone juga bisa mempercepat proses penuaan dan kulit menggelap. Jadi keluar atau tidak keluar rumah harus pakai tabir surya," tuturnya.

Baca juga: Dua Tips Praktis dan Tepat Menggunakan Tabir Surya

Angka Sun Protection Factor (SPF) yang diperlukan tergantung pada jenis aktivitas yang dilakukan. Bagi mereka yang banyak beraktivitas di dalam ruangan, SPF 15 dinilai sudah cukup. Sementara bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar ruangan, dianjurkan menggunakan SPF 30.

Dianjurkan untuk melakukan pengaplikasian kembali setiap sekitar 3 atau 4 jam. Meskipun, beberapa tabir surya bisa melindungi dalam jangka waktu yang lebih panjang.

"Kalau yang mahal banget ada yang enggak gampang luntur," kata dia.

Beberapa produk riasan wajah, misalnya bedak, terkadang juga memiliki kandungan pelindung matahari. Cobalah lihat pada bagian informasi kandungan produk, kandungan tersebut ditulis sebagai "Titanium dioxide" atau "Zinc oxide".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X