Jepang Gunakan Pakaian Bekas Daur Ulang untuk Seragam Tim Olimpiade

Kompas.com - 01/02/2019, 09:41 WIB
ASICS mengumumkan menggunakan pakaian bekas yang didaur ulang untuk seragam tim Olimpiade Jepang 2020 ASICSASICS mengumumkan menggunakan pakaian bekas yang didaur ulang untuk seragam tim Olimpiade Jepang 2020
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Asics mengumumkan rencana menggunakan pakaian daur ulang untuk membuat seragam resmi tim Olimpiade dan Paralimpiade Jepang di Olimpiade Tokyo 2020.

Dilansir dari Fashion United, brand sepatu dan perlengkapan olahraga asal Jepang ini mengumpulkan sekitar 30.000 pakaian olahraga dengan menempatkan kotak koleksi di gerai Asics, mitra peritel, dan acara-acara olahraga di seluruh Jepang.

Pakaian dari merek apa pun akan diterima hingga 31 Mei 2019.

Menurut Asics, seragam dan sepatu olimpiade yang mereka buat bakal mengandung serat poliester yang diekstraksi dari pakaian yang disumbangkan.

Konsumen dapat mengikuti proses daur ulang melalui buletin khusus, di mana mereka akan memiliki akses lewat pemindaian barcode yang ditampilkan pada kotak koleksi.

Asics menambahkan, inisiatif ini bertujuan untuk berkontribusi mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan, sejalan dengan program PBB dan targetnya untuk mengurangi emisi CO2 pada tahun 2030.

Namun perlu dicatat, tidak semua pakaian dapat didaur ulang. Beberapa campuran poliester cukup sulit, sehingga mustahil untuk didaur ulang menjadi pakaian baru.

"Dalam beberapa kasus, secara teknis dimungkinkan, misalnya dicampur dengan poliester dan kapas. Tapi masih di level pilot (uji coba). Tantangannya adalah menemukan proses yang dapat ditingkatkan dengan baik dan kami belum sampai di sana," kata Board Member of Textile Exchange, Karla Magruder.

Menurut Asics, bahan daur ulang lainnya yang diekstraksi dari pakaian bekas akan diubah menjadi bahan bakar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X