Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikat Pinggang Bisa Dongkrak Penampilan, Bagaimana Memilihnya?

Kompas.com - 01/02/2019, 19:47 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Kita seringkali bisa menilai seorang pria dari pilihan ikat pinggang atau sabuk nya. Pasalnya, lebih dari sekadar penahan celana agar tak melorot, sabuk juga mempengaruhi penampilan dan gaya seseorang.

Sayangnya, tak semua pria paham cara memakai sabuk dengan benar. Padahal sama seperti dasi atau sepatu, ikat pinggang juga punya "aturan" khusus untuk memakainya.

Untuk acara dan dress code berbeda, kita perlu tahu sabuk mana yang patut dikenakan berdasarkan padu-padan warna, teksturnya, atau bentuk gespernya.

Namun, menemukan sabuk yang pas dan sempurna saat dipakai bukan hal yang susah. Berikut cara memilih ikat pinggang yang tepat.

Gaya formal

Ilustrasi ikat pinggangshutterstock Ilustrasi ikat pinggang
Ikat pinggang untuk melengkapi busana formal biasanya dipadukan dengan setelan jas, celana bahan, atau celana chino.

Untuk kode busana ini, pilihlah ikat pinggang dengan lebar 2,5 hingga 3,5 centimeter yang terbuat dari bahan kulit berkualitas, misalnya kulit anak sapi atau buaya.

Pilih warna tan, coklat, atau hitam seperti warna sepatu favorit kita untuk tampilan resmi. Hindari bentuk ikat pinggang yang aneh atau terlalu ramai.

Motif yang aneh hanya akan membuat perhatian orang tertuju pada ikat pinggang bukan penampilan kita yang rapi.

Pastikan ikat pinggang yang kita pakai serasi dengan sepatu. Pilih ikat pinggang dengan gesper logam berbentuk sederhana dengan tone emas atau perak. Pilihan ini memudahkan bila kita juga memakai perhiasan atau jam tangan dengan tone serupa.

Jika kita tidak ingin ikat pinggang yang terlalu standar, pilihan kulit bertekstur sederhana masih bisa diterima untuk memperindah tampilan.

Namun hindari sabuk yang bertekstur kasar atau tebal saat acara formal karena membuat tampilan tidak seimbang.

Gaya Kasual

Ilustrasi ikat pinggangshutterstock Ilustrasi ikat pinggang
Ada lebih sedikit aturan untuk sabuk bergaya kasual karena kita memadukannya dengan busana santai. Walau begitu, pilihan ikat pinggang ini akan menunjukan gaya dan kepribadian kita.

Kita bisa memilih sabuk kasual dengan lebar bervariasi mulai dari bahan kulit tipis bergaya vintage, sabuk dengan motif anyaman tali, hingga sabuk dengan gesper yang besar.

Halaman:
Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com