Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampoeng Peranakan, Pasar Tiban dalam Mal untuk Menyambut Imlek

Kompas.com - 03/02/2019, 22:08 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Pasar tiban adalah pasar dadakan yang biasanya muncul saat ada keramaian atau acara tertentu. Nah bila biasanya pasar semacam ini hadir di tempat terbuka, maka kali ini kamu bisa menemuinya di dalam mal.

Pasar tiba ini digelar untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek pada tanggal 5 Februari 2019, di Aeon Mall BSD City. Bekerjasama dengan Anne Avantie Pasar Tiban dengan tema 'Kampoeng Peranakan’, diadakan pada 31 Januari – 13 Februari 2019.

Sesuai temanya, keramaian ini hadir dengan dekorasi khas Imlek seperti lampion dan gate yang terinspirasi dari suasana Pasar Semawis di Semarang yang merupakan salah satu Pasar Pecinan yang tidak pernah sepi dari pengunjung.

“Pasar Tiban ‘Kampoeng Peranakan’ tidak hanya sekedar pameran busana saja, namun juga mengajak customer untuk dapat menghargai warisan budaya Indonesia dengan mengenalkan berbagai macam kain batik yang dapat dipadupadankan untuk berbagai kesempatan,” ujar Anne Avantie saat membuka pasar tersebut.

Juanita Rustandi, Senior Operation Manager PT. AMSL Indonesia menyatakan, “Kami percaya ‘Kampoeng Peranakan’ ini akan menyuguhkan rangkaian acara menarik perpaduan budaya lokal dan Tionghoa. Ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap para pelaku industri kreatif dan Usaha Kecil Menengah (UKM)."

Peragaan busana di Pasar Tiban Aeon Mal BSDaeon mal Peragaan busana di Pasar Tiban Aeon Mal BSD
Sesuai dengan tema, Pasar Tiban menghadirkan berbagai rangkaian acara untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek seperti tradisi Yusheng, Tari Kipas, dan pertunjukan Barongsai.

Tidak hanya itu, Pasar Tiban juga menyelenggarakan acara yang bersifat edukatif seputar fashion melalui bermacam talk show yang dipandu langsung oleh Anne Avantie seperti ‘Padu Padan Kebaya Bordir’, ‘Seni Melilit Kain’, ‘Sarung Emak Bersama Dewi Motik’ dan masih banyak lagi.

Pasar Tiban juga menyuguhkan bermacam kuliner tradisional Indonesia yang bisa dinikmati di area Kampoeng Djajanan seperti pecel, rujak, es dawet dan aneka bubur.

Selain itu, acara ini juga mengajak keluarga dan anak-anak untuk meninggalkan gadget mereka sejenak agar dapat bermain bersama serta mengenal berbagai permainan tradisional yang ada di Kampoeng Dolanan.

Pasar Tiban akan dimeriahkan dengan Parade Show bertema ‘Putri Peranakan’ yang menghadirkan sederet artis seperti Mona Ratuliu, Novita Angie, Meisya Siregar, Ersa Mayori, Kezia Waraouw (Putri Indonesia 2016 dan Top 13 Miss Universe 2016), Bunga Djelita Ibrani (Putri Indonesia 2017), Marisa Sartika Maladewi (first runner up Putri Indonesia 2013), Astari Aslam (Putri Indonesia Intelegensia 2017) dan Indra Bekti, Chika Jessica sebagai pemandu acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com