7 Makanan Keberuntungan Khas Imlek

Kompas.com - 04/02/2019, 11:33 WIB
Warga mengabadikan foto di sekitaran Vihara Dharma Bakti jelang Imlek. Sabtu (2/2/2019). Kompas.com / Tatang Guritno Warga mengabadikan foto di sekitaran Vihara Dharma Bakti jelang Imlek. Sabtu (2/2/2019).

KOMPAS.com - Tidak ada perayaan tanpa makanan, termasuk perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek.

Pada perayaan Imlek, setiap mekanan yang wajib dihidangkan biasanya dikaitkan dengan harapan positif, seperti panjang umur, kemakmuran atau kesuburan.

Tak hanya dari jenis makanannya, sebuah makanan juga bisa disebut sebagai makanan keberuntungan karena kombinasi warna dan simbol-simbol di dalamnya.

Nah, berikut delapan makanan keberuntungan yang biasa disajikan pada perayaan Imlek:

1. Dumpling

Dumpling adalah jenis makanan ringan yang dibungkus dengan kulit berbahan tepung. Dumpling dapat diolah dan disajikan dengan berbagai cara.

Varian dumpling China bisa macam-macam, tergantung bahan, bentuk, hingga cara pengolahannya.

Ada kepercayaan bahwa semakin banyak dumpling yang kamu makan, maka akan semakin banyak rejeki yang didapat. Alasannya karena bentuk dumpling yang menyerupai ingot, bentuk alat pembayaran yang pernah digunakan di China.

Bahkan, ada kalimat yang harus diucapkan ketika makan dumpling, yaitu "Zhao cai jin bao!" yang artinya semoga membawa kita pada kemakmuran dan harta karun.

Baca juga: Makna di Balik Sajian Makanan Perayaan Imlek

2. Spring rolls

Makanan yang satu ini mungkin tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Banyak dari kita yang menyebut cemilan ini dengan sebutan "lumpia".

Nama "spring roll" sendiri sebetulnya datang dari Spring Festival sebagai nama lain dari Tahun Baru Imlek. Sebab, spring roll menjadi makanan tradisional yang dikonsumsi pada momentum tersebut.

Metode deep frying yang digunakan untuk memasak lumpia membuatnya berwarna keemasan bak batangan emas.

Halaman:


Terkini Lainnya


Close Ads X