Bolehkah Makan Nanas Jika Punya Maag?

Kompas.com - 04/02/2019, 15:25 WIB
Ilustrasi nanas shutterstockIlustrasi nanas
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Katanya, kalau punya maag, kita mesti pilah-pilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Pasalnya, tidak semua makanan aman bagi orang dengan penyakit maag. Lantas, bagaimana dengan nanas? Pengidap maag boleh makan nanas atau tidak, ya?

Sebenarnya, maag itu bukan suatu penyakit melainkan kumpulan dari berbagai gejala yang berkaitan dengan masalah pada saluran pencernaan. Mulai dari perut kembung, mual, hingga sakit perut.

Jika timbul sensasi rasa panas di perut tersebut, biasanya disebabkan oleh meningkatnya jumlah asam pada lambung. Lambat laun, asam lambung bisa saja naik kembali ke kerongkongan (esofagus), sehingga menimbulkan sensasi seolah terbakar sampai ke dada (heartburn).

Kondisi ini kerap dikenal sebagai refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Munculnya rasa panas seperti terbakar di dada merupakan “ulah” sfingter (lingkaran otot) kerongkongan bagian bawah yang terbuka.

Ketika sfingter terbuka, otomatis asam yang naik dari lambung dapat dengan mudah lolos dan bergerak sehingga menimbulkan perut jadi tidak nyaman.

Baca juga: Panduan Memilih Makanan Bagi Penderita Maag

Jika kamu punya dan sering mengalami maag, refluks asam lambung, GERD, maupun penyakit lainnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan, kamu tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman.

Bukan tanpa alasan, karena beberapa makanan dan minuman tertentu dapat memicu naiknya asam lambung kembali ke dada dan kerongkongan. Itulah mengapa setiap penderita maag dan gangguan pencernaan, sebaiknya menghindari makanan yang terlalu asam karena dapat membuat gangguan pencernaan tersebut kambuh kembali.

Singkatnya, kemungkinan penderita maag boleh makan nanas tentu sangatlah kecil, mengingat kondisi sistem pencernaannya yang tidak mendukung.

Mengapa demikian?

Dalam skala pH, angka 7 merupakan batasan pH normal atau netral. Sementara untuk skor di bawah 7 sudah tergolong asam, dan di atas 7 sudah bersifat basa. Bagaimana dengan nanas?

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X