Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2019, 17:27 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang menginginkan kualitas hidup yang baik, kesehatan, dan umur yang panjang. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mencapai tujuan itu, baik melalui gaya hidup sehat maupun konsultasi ke dokter secara rutin.

Namun, kegelisahan terhadap ancaman penyakit tentu menghantui setiap orang. Kurangnya kesadaran dan pengetahuan akan suatu penyakit menjadikan seseorang kurang mendalami informasi terkait suatu penyakit.

Akibatnya, ada segelintir orang menilai penyakit seperti kanker sebagai ancaman, namun jarang diperhatikan agar tak mengidap penyakit itu.

Oleh sebab itu, muncul inisiatif dari kelompok masyarakat untuk menerapkan edukasi mengenai kanker, serta untuk memberi semangat kepada penderita kanker untuk bangkit.

Salah satunya adalah menerapkan setiap 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia.

Baca juga: 9 Mitos Populer Kanker, dari Deodoran hingga Makan Es Krim saat Haid

Meningkatkan kesadaran

Dilansir dari Britannica, peringatan tahunan yang diadakan tiap 4 Februari dilakukan untuk meningkatkan kesadaran global terhadap penyakit kanker.

Hari Kanker Sedunia kali pertama diinisiasi Union for International Cancer Control (UICC) untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada 2008.

Tujuan dari UICC adalah untuk menurunkan angka kematian akibat penyakit kanker. Berawal dari situ, kemudian ide tersebut dikaji Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada pertemuan yang diadakan di Paris pada 4 Februari 2000, pemimpin lembaga pemerintah, organisasi kanker dunia, dan PBB menandatangani sebuah kesepakatan Piagam Paris untuk melawan Kanker.

Piagam tersebut merupakan dokumen yang berisi 10 artikel yang menguraikan komitmen global terkait kerja sama meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Kesepakatan ini juga untuk investasi berkelanjutan dalam kemajuan penelitian, pencegahan, dan pengobatan kanker.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.