Kompas.com - 07/02/2019, 09:48 WIB
Ilustrasi bekerja di rumah DragonImagesIlustrasi bekerja di rumah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di zaman modern seperti sekarang ini, bekerja tidak melulu harus duduk diam di kantor. Ya, kita bisa bekerja di mana saja, entah itu di kafe, tempat makan, atau di rumah sekalipun.

Jam kerjanya pun tentu lebih fleksibel karena kita sendiri yang mengaturnya. Namun saking santainya, kerja di rumah tak jarang bikin kita jadi malas gerak alias mager dan akhirnya malah tidak produktif.

Lantas, bagaimana caranya supaya kita bisa tetap semangat dan produktif saat kerja di rumah?

Tidak jauh berbeda dengan kerja di kantor, kita juga rentan terkena berbagai penyakit saat kerja di rumah. Kalau biasanya bisa lebih banyak terkena sinar matahari saat berangkat ke kantor, kini kita jadi gampang sakit dan lemas karena kurang paparan sinar matahari.

Selain itu, kebanyakan duduk juga bisa menyebabkan sakit punggung, leher kaku, dan bahkan mengundang obesitas. Kondisi-kondisi tersebut bisa menghambat pekerjaan dan mengurangi produktivitas.

Namun tak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar tetap sehat, semangat, dan produktif saat kerja di rumah. Ini rahasianya.

1. Tata meja kerja senyaman mungkin

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi bekerja lebih produktifSHUTTER STOCK Ilustrasi bekerja lebih produktif
Kerja di rumah memang lebih fleksibel karena bisa bekerja di mana saja. Entah di kamar tidur, ruang tamu, atau ruang kerja khusus.

Namun, sebaiknya sediakan satu ruang atau sudut khusus untuk bekerja. Pasalnya, memiliki ruang kerja yang nyaman bisa meningkatkan produktivitas, lho.

Itulah kenapa, kita tidak dianjurkan untuk kerja sambil tengkurap atau tiduran di atas kasur karena bisa mengganggu fokus. Hal ini juga bisa membuat punggung jadi sakit dan memicu cedera.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.