Geser Off-White, Gucci Jadi Merek Fesyen Terpopuler Dunia - Kompas.com

Geser Off-White, Gucci Jadi Merek Fesyen Terpopuler Dunia

Kompas.com - 07/02/2019, 16:44 WIB
GucciAP Gucci

KOMPAS.com - Gucci terpilih sebagai merek fesyen paling populer di dunia menurut laporan  The Lyst Index 2018. Tahun lalu, posisi puncak tersebut ditempati oleh Off-White.

The Lyst Index menganalisis perilaku belanja online dari lima juta pembeli yang berbelanja di 12.000 desainer dan toko. Analisis ini juga mempertimbangkan faktor pencarian, penelusuran online, dan pembelian.

Berdasarkan laporan, enam juta pembeli mencari tas, ikat pinggang atau sepatu Gucci dari bulan Oktober hingga Desember.

Tas soho klasik dan ikat pinggang Gucci adalah produk fesyen terpopuler. Nampaknya, rumah mode Italia yang berdiri sejak 1921 ini akan awet menduduki posisi teratas.

Analisis yang sama di tahun 2017 menunjukan adanya peningkatan pesanan hingga dua kali lipat dibandingkan 8 produk fesyen terpopuler lainnya.

Off-White yang sempat menduduki posis teratas pada bulan Oktober hingga Desember 2018 kini menduduki posisi kedua, diikuti oleh Balenciaga.

Baca juga: Michelle Obama Mempesona dengan Sepatu Boot Seharga Rp 56,7 Juta

Beberapa waktu lalu ketika Michelle Obama memakai boot Balenciaga seharga Rp 56,7 juta, merek fesyen ini berhasil mendapat sorotan media sosial.

Posisi berikutnya ditempati oleh Moncler dan Fendi.

Penunjukan Ricardo Tisci sebagai kepala desainer di Burberry juga terbukti sukses. Merek ini berhasil masuk peringkat ke 10 setelah sebelumnya hanya berada di posisi ke-14.

Kebangkitan merek asal Inggris ini juga dipicu oleh kampanye liburan yang berhasil menyedot lebih dari 17,5 juta pengguna media sosial dalam periode tiga bulan.

Berdasarkan laporan, sepatu Burberry masih menjadi produk fesyen terpopuler urutan ke enam dari 10 produk teratas.

Efek Meghan Markle yang masih terasa hingga saat ini juga memberi keuntungan besar untuk label sneakers Veja, yang kini menduduki daftar puncak sepatu terpopuler.

Baca juga: Gucci Donasikan Sisa Kain Untuk Korban Perdagangan Orang

Sejak The Duchess of Sussex memakainya, terjadi peningkatan pencarian online sebesar 113 persen.

Terlepas dari banyaknya pendatang baru dalam dunia mode, popularitas merek ikonik asal Inggris Dr Martens tak pernah surut.

Laporan menyebutkan, ada kenaikan pencarian sepatu boot Dr. Martens sebesar 110 persen pada kuartal ini.

Akan tetapi, aksesoris Gucci dan dompet monogram dari Saint Laurent berhasil menjadi ikon baru dalam dunia mode masa kini.



Close Ads X