5 Penemuan "Aneh" yang Digemari Kalangan Milenial...

Kompas.com - 07/02/2019, 17:44 WIB
Ilustrasi Mainan Chia PetThoughtco Ilustrasi Mainan Chia Pet

KOMPAS.com - Banyak orang yang tahu bahwa sebuah penemuan bisa merevolusi kehidupan manusia. Misalnya, penemuan wahana transportasi seperti kereta, mobil, dan pesawat telah mengubah cara manusia bepergian.

Selain itu, adanya mesin cetak, telepon, dan komputer juga memudahkan seseorang untuk melakukan komunikasi.

Namun, tak semua penemuan diapresiasi baik. Terdapat beberapa penemuan yang awalnya dianggap aneh tapi pada era milenial bisa dikatakan menuai sukses.

Dilansir dari Thoughtco, berikut adalah beberapa penemuan "penting enggak penting" tersebut:

1. Spinner

SpinnerThougtco Spinner
Meski banyak gadget dan teknologi yang lebih baik, ternyata spinner atau fidget spinner banyak digandrungi anak-anak muda era melenial. Mainan plastik yang digerakkan berputar ini populer di berbagai negara.

Desainnya sederhana, bahan plastik pipih yang ditengahnya terdapat besi. Dengan gerakan sederhana, alat ini dapat diputar di sekitar poros dan dipercaya dapat mengurangi stres.

Beberapa penjual bahkan memasarkannya sebagai cara untuk meredakan kecemasan dan membantu menenangkan mereka yang mengalami gangguan neurologis seperti ADHD dan autisme.

Spinner mengalami gelombang popularitas pertama pada April 2017. Sejak itu spinner menjadi hal yang umum di kalangan anak-anak sekolah. Akibatnya, banyak sekolah yang melarang penggunaan mainan tersebut.

Siapa yang membuat mainan ini? Berbagai sumber merujuk kepada seorang insinyur kimia bernama Catherine Hettinger. Ini bermula saat Hettinger mengajukan dan menerima aplikasi paten untuk spinner pada 1993.

Namun, Hettinger tidak dapat menemukan produsen dan patennya gagal didapat pada 2005. Hettinger telah mengklaim kredit untuk penemuan tersebut.

Seorang pekerja IT bernama Scott McCoskery, yang membuat dan menjual versi awal online bernama Torqbar pada 2014 membuat mainan ini cepat digemari banyak orang.

2. Pet Rock 

Pet RockABC Pet Rock
Mungkin banyak orang yang tak tahu fungsi dan bahkan tak memiliki benda ini. Pada 1975, Pet Rock memulai debut sebagai hadiah yang paling fenomenal selama musim liburan. Bahkan, pada 1976 penjualan mencapai jutaan unit.

Awalnya, mainan ini dikembangkan sebagai batu peliharaan oleh pria bernama Gary Dahl. Banyak orang yang meragukan mainan itu karena dianggap memiliki bentuk yang aneh dan tak bisa diperlakukan seperti hewan peliharaan.

Namun, Dahl mengemasnya dengan konsep yang lebih baik, yaitu sebagai hadiah kepada keluarga terdekat. Dengan bentuk seperti batu dan memiliki sepasang mata membuat banyak orang akhirnya kepincut membelinya sebagai hadiah.

Halaman:


Terkini Lainnya


Close Ads X