Kompas.com - 07/02/2019, 20:01 WIB
Ilustrasi belanja pakaian online seb_raIlustrasi belanja pakaian online
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com – Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat semakin banyak orang memilih berbelanja online, ketimbang belanja secara langsung. Termasuk ketika berbelanja pakaian.

Namun, tak jarang pula yang menjadi korban penipuan atau kurang puas dengan pakaian yang dibelinya karena kurang cermat dalam memilih tempat belanja online.

Desainer ternama Barli Asmara mencoba berbagi tips belanja pakaian online agar kita puas dengan produk yang dipilih. Barli sendiri memiliki situs toko pakaian online-nya sendiri, yaitu barliasmara.id dan selalu mengedukasi masyarakat agar cermat sebelum membeli pakaian secara online.

Desainer ternama Barli Asmara ketika menghadiri peresmian re-branding Sale Stock menjadi sorabel.com di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/2/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Desainer ternama Barli Asmara ketika menghadiri peresmian re-branding Sale Stock menjadi sorabel.com di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/2/2019).
Pertama, kata Barli, pastikan kamu memilih pakaian tidak hanya mengikuti tren yang ada namun berdasarkan karakter pribadi.

“Pilihlah yang cocok dengan karakter kamu dan karakter kulit juga. Serta akan dipakai kemana atau ke event apa,” kata Barli ketika menghadiri peresmian re-branding salestock.com menjadi sorabel.com di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/2/2019).

Kedua, perhatikan pula bagaimana kelancarakan komunikasi dengan penjual atau admin situs belanja tersebut. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat. Jika perlu, pastikan pula kita bisa meminta resi pengiriman barang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga, pastikan ukuran pakaian yang dibeli tepat. Kebanyakan situs belanja online atau toko online akan mencantumkan ukuran pakaian yang dijualnya. Namun, perhatikan pula layanan-layanan khusus yang diberikan pada pelanggan.

Sorabel, misalnya, memiliki layanan “Coba Dulu Baru Bayar”. Layanan yang sudah diberlakukan di 380 kota ini memungkinkan para pelanggannya untuk bisa mencoba produk sebelum membayar serta dapat mengembalikan produk yang tidak sesuai hingga maksimal empat produk. Dengan begitu, pembeli bisa lebih puas dengan barang yang dibelinya.

“Jadi kalau beli baju jangan sampai sia-sia,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.