Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2019, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Matahari belum bersinar terik kala lagu Indonesia Raya sayup-sayup terdengar dari kejauhan. Alunan lagu kebangsaan Indonesia tersebut berasal dari orang-orang yang berkumpul di kawasan Plaza Semanggi, Jakarta, Minggu (10/02/2019).

Mereka mengenakan pakaian olahraga berwarna biru, lengkap dengan sepatu lari. Ternyata mereka tengah bersiap untuk lari marathon sejauh 5 kilometer di kawasan Car Free Day Jakarta.

Tepat pukul 06.20 pagi suara terompet yang nyaring menandakan dimulainya marathon tersebut. Pelari yang berjumlah sekitar 2.000 orang itu tumpah ruah memenuhi jalan di sekitar kawasan Semanggi. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga ikut berlari. Begitu pula para dokter, perawat, pasien kanker, dan para penyintas kanker.

Rupanya, rombongan pelari tersebut merupakan peserta acara marathon bertajuk “Run for Hope” yang diselenggarakan oleh MRCCC Siloam Hospitals. Acara ini digelar untuk memperingati hari kanker sedunia yang diperingati setiap 4 Februari.

Berdonasi untuk pasien kanker

Tak hanya marathon, para pelari yang ikut sekaligus berdonasi melalui uang pendaftaran. Seluruh donasi yang terkumpul akan digunakan untuk mendukung upaya pencegahan kanker di Indonesia melalui yayasan atau lembaga kanker yang menjadi rekanan MRCCC Siloam Hospitals.

Deputy Vice Director Siloam Hospitals Group Caroline Riady menjelaskan, kegiatan “Run for Hope” ini bertujuan meningkatkan kesadaran serta meningkatkan pengetahuan masyarakat soal penyakit kanker.

“Kita mengetahui bahwa prevalensi penyakit kanker ini semakin lama semakin tinggi. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak tahu bahwa penyakit kanker bisa dilakukan deteksi dini yang harus dilakukan justru sebelum ada gejala atau pada saat orang merasa sehat,” ucap Caroline kepada Kompas.com.

Sebab, ia melanjutkan, masih banyak orang sehat yang kurang peduli akan pentingnya deteksi kanker sejak dini. Padahal, saat sehat tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melakukan deteksi dini kanker.

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat awam, acara marathon ini juga diselenggarakan untuk memberikan dukungan kepada para pasien kanker. Tidak hanya dukungan dari fasilitas pengobatan yang lengkap, tapi juga dukungan emosi pada masa-masa sulit.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.