Perhiasan Berlian Pun Bisa Tampil Kekinian

Kompas.com - 11/02/2019, 08:40 WIB
koleksi Lino & SonsLino & Sons koleksi Lino & Sons

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang bilang, diamonds are a girl's best friend, berlian adalah sahabat terbaik untuk wanita. Maka menjelang hari kasih sayang, berlian bisa menjadi hadiah yang tepat untuk seseorang yang paling dicintai.

Masalahnya menemukan perhiasan berlian yang cocok dengan selera tiap perempuan bukan perkara mudah. Ada yang suka desain simpel, ada yang memilih gaya tradisional. Selain itu harga berlian umumnya selangit, akibatnya memberi hadiah berlian hanya bisa dilakukan orang-orang yang cukup berduit.

Namun masalah tersebut memunculkan ide bagi Lino and Sons, pembuat perhiasan asal Bandung, untuk menghadirkan perhiasan berlian yang harganya relatif terjangkau dengan model yang beragam.

"Salah satu konsep yang kami tawarkan adalah perhiasan untuk anak muda dengan harga terjangkau," ujar Ivan Lingga, Direktur Marketing sekaligus Co-owner Lino & Sons, saat memperkenalkan toko di Gandaria City Mal, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Walau terjangkau, menurut Ivan Lingga, berlian yang dijual di sini tetap dijaga kualitasnya, yaitu hanya pada warna (colour) D, E, F dan kejernihan (Clarity) VVS.

Warna D adalah tingkat warna berlian tertinggi dengan jejak warna paling sedikit. Sedangkan tingkat warna berlian terendah dengan jejak warna yang banyak adalah Z. Artinya, warna E dan F pun pun masih terlihat sangat bersih, dan jejak warnanya hanya tampak bila dilihat menggunakan alat khusus.

Sedangkan kejernihan berlian diukur berdasarkan clarity. Berlian terbaik umumnya dikategorikan sebagai FL atau Flawless, tanpa cacat.

Yang dimaksud "cacat" sendiri umumnya berupa ketidaksempurnaan kecil yang terdapat pada batu berlian. Cacat bisa berbentuk titik kecil, goresan, ataupun seperti gelembung air yang hanya bisa dilihat melalui kaca pembesar saja.

"Nah, VVS adalah Very Very Slightly, yaitu cacat pada berlian namun sulit terlihat walaupun menggunakan kaca pembesar dengan 10 kali pembesaran. Ini adalah grade yang tinggi untuk clarity," ujar Ivan.

Desain Kekinian

koleksi Lino & SonsKompas.com/Wisnubrata koleksi Lino & Sons
Selain soal kualitas, Lino & Sons juga bermain dalam hal desain. "Umumnya anak jaman sekarang tidak suka desain yang ribet. Jadi kami menyediakan model-model yang simpel. Ini merupakan konsep everyday wear. Jadi perhiasan yang bukan hanya dipakai saat pesta dan acara khusus, tapi juga untuk sehari hari," papar Ivan.

Uniknya, di toko ini, pelanggan bisa juga memakai desain sendiri, alias custom. Jadi kita bisa merancang bentuk perhiasan yang kita inginkan untuk dibuat sesuai keinginan kita.

"Untuk Valentine tahun 2019 kami mempersembahkan koleksi bertajuk Love, yang merupakan representasi ungkapan rasa cinta dalam bentuk perhiasan berlian," ungkap Ivan Lingga.

Selain itu ada koleksi Princess Cut yang desainnya unik, feminine dan classy, koleksi Alphabet berupa simbol inisial nama mereka, serta koleksi Signature yang ditujukan untuk laki-laki berupa cincin yang dapat digrafir sesuai permintaan.

Berawal dari industri rumahan

Lino and Sons merupakan brand dari Lotus, salah satu eksportir perhiasan di Indonesia yang dimulai dari industri kecil (rumahan) di tahun 1975. Nama Lino diambil dari dua penggagasnya, yaitu Ivan Lingga dan Andrianto Silviano.

Menurut Andrianto, ayahnya dan ayah Ivan sudah bekerjasama sejak dulu. Awalnya mereka adalah pengrajin atau pembuat perhiasan, yang berkembang dan menjadi eksportir tahun 2002.

Produk perhiasan yang dihasilkan sudah menjangkau berbagai market di Asia, Timur Tengah, Eropa dan Amerika.

"Tapi kami kemudian berpikir untuk menyediakan perhiasan berlian yang lebih kekinian, lebih mudah dipakai semua orang, dan lebih terjangkau. Maka kami mendirikan Lino & Sons," ujar Andrianto.

Saat ini Lino & Sons memiliki dua outlet yang berada di Gandaria City Mall Jakarta dan Trans Studio Mall Bandung.



Terkini Lainnya


Close Ads X