Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Ganti Kaus Kaki dan Sepatu Setelah Olahraga

Kompas.com - 11/02/2019, 11:50 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Setelah olahraga, tubuh pasti penuh dengan keringat dari ujung kepala hingga ujung kaki. Hal ini membuat rambut, baju, sampai sepatu biasanya menjadi basah dan lembap karena berkeringat.

Nah, jika biasanya kamu hanya ganti baju saja, mulai sekarang sebaiknya ganti kaus kaki dan sepatu setelah olahraga. Mengapa harus begitu?

Kaki memiliki kelenjar keringat yang membuatnya sangat mudah basah ketika suhunya mulai panas seperti saat berolahraga. Hal ini membuat kaus kaki dan sepatu lebih lembap dari biasanya.

Apa bahayanya saat kaki dibiarkan lembap terlalu lama? Kamu rentan terserang masalah kulit seperti infeksi jamur. Ini karena daerah yang lembap menjadi tempat ideal untuk jamur dan bakteri berkembang biak.

Oleh sebab itu, kamu wajib ganti sepatu setelah olahraga, berikut dengan kaus kakinya, agar kaki tetap kering. Dengan menjaga kaki tetap kering, kamu akan terhindar dari infeksi jamur seperti kutu air. Kaki yang terserang kutu air akan terasa gatal, melepuh, iritasi, kering, dan mengelupas.

Dikarenakan kutu air termasuk penyakit menular maka penyakit yang satu ini bisa muncul dan berkembang di bagian tubuh lainnya selain kaki. Biasanya infeksi dengan mudah menyebar saat kamu menggaruknya kemudian menyentuh bagian tubuh yang lain tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca juga: Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap dan Cara Mengusirnya

Kutu air membuat kaki sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas serta kualitas istirahat kita. Oleh karena itu, mengganti sepatu dan kaus kaki setelah olahraga wajib dilakukan setiap selesai berolahraga. Untuk itu, bawalah sepatu atau sandal dan kaus kaki ganti setiap kali berolahraga di pusat kebugaran atau luar rumah.

Selain wajib mengganti kaus kaki dan sepatu setelah olahraga, kita disarankan untuk membersihkan kaki terlebih dahulu. Keringat yang menempel di kaki saat olahraga telah bercampur dengan kuman dan kotoran. Oleh sebab itu, biasakan mencuci kaki dengan sabun dan air mengalir setelah berolahraga.

Setelah itu, keringkan kaki dan sela-selanya dengan tisu atau handuk kering. Pastikan kaki telah bersih dan benar-benar kering sebelum kembali menggunakan alas kaki baik sepatu maupun sandal.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Bau Sepatu Olahraga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com