Mana yang Dilakukan Lebih Dulu, Kardio atau Latihan Beban?

Kompas.com - 12/02/2019, 07:13 WIB
.KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO .

KOMPAS.com - Ketika kita berolahraga di gym, tak sedikit orang yang melakukan latihan kardio terlebih dahulu sebelum melakukan latihan beban. Biasanya, latihan kardio yang dilakukan adalah lari di atas treadmill.

Namun, tak sedikit pula yang langsung melakukan latihan beban. Di akhir sesi, barulah mereka melakukan latihan kardio.

Lalu, mana yang sebaiknya didahulukan?

Alasan mendahulukan latihan beban

Sejumlah personal trainer mengatakan, mendahulukan latihan beban adalah pilihan yang tepat.

Personal trainer tersertifikasi ACSM, Jim White RDN menjelaskan, untuk pertumbuhan otot secara keseluruhan ia menyarankan latihan beban terlebih dahulu.

Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan cadangan maksimal dari glikogen otot atau bagian yang menyimpan energi, untuk melakukan latihan kekuatan.

"Jika kamu melakukan kardio terlebih dahulu sebelum angkat beban, kamu akan menggunakan banyak energi dan memiliki lebih sedikit tenaga pada sesi latihan beban," kata White.

Sementara itu, personal trainer tersertifikasi NASM, Nick Bolton juga punya pendapat sama. Ia menjelaskan, ketika kita datang ke gym, kita memiliki pasokan energi yang terbatas.

Tentu saja kita ingin memprioritaskan pengeluaran energi tersebut. Latihan kekuatan sendiri membutuhkan banyak energi.

"Untuk memaksimalkan latihan, kamu harus mengedepankan set yang berkualitas, yang mana membutuhkan serat otot lebih banyak dengan melakukan jumlah set dan repetisi banyak di bawah jumlah beban yang seharusnya," kata Bolton.

Ia menambahkan, ketika kita melakukan angkat beban untuk kali pertama, kita juga membutuhkan energi lebih untuk melakukan teknik yang tepat. Teknik dan postur tubuh yang tepat sangat krusial terhadap hasil dan mencegah cedera.

Halaman:


Terkini Lainnya


Close Ads X