Kompas.com - 12/02/2019, 09:10 WIB
Ilustrasi ikan ClaudioStoccoIlustrasi ikan

KOMPAS.com — Salah satu cara terbaik menyimpan makanan dan minuman adalah di lemari pendingin. Dengan suhu rendah, makanan bisa tetap awet dan segar.

Namun, penting untuk mengetahui bahwa penyimpanan makanan di kulkas pun ada batas waktunya, salah satunya ikan segar.

Untuk menjaga kualitas ikan, simpanlah secara benar.  Lepaskan kertas pembungkus ikan dari swalayan, kemudian tutup dalam kantong plastik dan keluarkan semua udaranya.

Setelah itu, tempatkan kantong plastik dengan ikan di mangkuk air es saat disimpan di kulkas.

Dua hari adalah rentang aman untuk memasak ikan segar yang disimpan di lemari pendingin.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Berbahan Daging Bisa Disimpan di Kulkas?

Badan FDA (Food Drug Association) Amerika Serikat merekomendasikan menyimpan ikan segar, udang, kerang, dan cumi-cumi hanya satu hari, maksimal dua hari di lemari es.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, ada beberapa jenis ikan yang segarnya bisa tahan lebih lama di tempat penyimpanan, seperti ikan bass, flounder, tuna, swordfish, trout, dan salmon yang dapat bertahan tiga hingga lima hari.

Namun, ikan berminyak, seperti makarel, bluefish dan sarden, memiliki waktu yang sedikit lebih pendek. Pastikan untuk memasak dan memakannya dalam waktu tiga hari. 

Nah, setelah dimasak, biasanya akan ada sisa atau belum termakan. Waktu yang direkomendasikan untuk menyimpan ikan yang sudah dimasak adalah dua hingga tiga hari.

Baca juga: Cermatlah, Ikan yang Kita Santap Tak Selalu Menyehatkan...



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X