3 Kunci Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Usianya Terpaut Jauh

Kompas.com - 12/02/2019, 12:34 WIB
Komposer David Foster dan Katharine McPhee menghadiri Costume Institute Gala atau yang biasa disebut Met Gala di The Metropolitan Museum of Art, New York City, pada 7 Mei 2018. Theo Wargo/Getty Images for Huffington Post/AFPKomposer David Foster dan Katharine McPhee menghadiri Costume Institute Gala atau yang biasa disebut Met Gala di The Metropolitan Museum of Art, New York City, pada 7 Mei 2018.
Editor Wisnubrata


KOMPAS.com — Menikah dengan beda usia terpaut jauh sering dianggap tidak ideal. Alasannya, pasangan itu akan menyimpan masalah di kemudian hari karena banyaknya perbedaan cara pandang.

Namun, rupanya kondisi menikah dengan beda usia jauh makin sering ditemui. Contohnya aktor Perancis, Vincent Cassel, yang menikahi model Italia, Tina Kunakey, padahal usia mereka terpaut 31 tahun.

Lalu baru-baru ini penyanyi David Foster yang berusia 69 tahun berencana menikah dengan Katharine McPhee yang berusia 34 tahun, alias terpaut 35 tahun.

Benarkah perbedaan usia itu akan menjadi masalah? Bagaimana membuat pernikahan dengan usia yang terpaut jauh tetap menyenangkan?

Ternyata, kesenjangan usia tidak selalu menjadi hambatan untuk menjalin cinta. Nah agar hubungan tetap mesra, ada beberapa tips yang bisa diikuti jika pasangan beda usia cukup jauh denganmu.

1. Bersikap dewasa dan hadapi dengan sabar

Menjalani hubungan asmara dengan pasangan beda usia itu butuh kerja sama dan kedewasaan dari kedua belah pihak. Dewasa di sini bukan berarti berpatokan pada siapa yang usianya lebih tua dan siapa yang lebih muda.

Kedewasaan adalah kemampuan untuk merespons situasi dan kondisi tertentu dengan cara yang tepat. Kedewasaan juga mencakup kemampuan untuk mengetahui bagaimana seharusnya kita bertindak di satu situasi tertentu, dan kapan waktu yang tepat untuk bertindak sesuai dengan keadaan.

Jadi, belum tentu seseorang yang lebih tua daripada kamu akan lebih dewasa dalam bersikap. Bisa jadi malah sebaliknya. Jika kamu merasa pasangan cenderung bersikap kekanakan, kamulah yang harus menghadapinya secara dewasa. Jangan malah meledak marah yang tidak jelas juntrungannya.

Selain itu, jangan selalu mengandalkan pasangan untuk memahami. Kamu juga perlu mendengarkan sungguh-sungguh ketika pasangan sedang berkeluh kesah dan membuka dirinya. Ia mungkin sedang berada dalam masa paling rapuhnya dengan mencoba jujur tanpa malu-malu, jadi dengarkanlah dirinya dan tawarkan solusi jika diminta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X