Kompas.com - 13/02/2019, 09:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Memberikan bunga, coklat, dan kartu berbentuk hati kepada orang-orang yang kita cintai adalah kebiasaan umum untuk merayakan Valentine. Tapi, mengapa kita masih tetap peduli pada tradisi kuno ini?

Ketahui apa saja fakta-fakta seputar hari kasih sayang ini.

Mengapa dirayakan 14 Februari?

Ada banyak versi mengenai asal usul hari Valentine. Tetapi salah satu yang populer menyebut bahwa 14 Februari adalah perayaan Santo Valentine, pastor Katolik yang dieksekusi oleh Kaisar Romawi Claudius II pada abad ke-3.

Santo Valentine sering menikahkan para pasangan muda secara rahasia. Padahal, ketika itu kaisar melarang pria-pria muda menikah karena akan diminta berperang.

Walau begitu, gereja Katolik sendiri disebutkan sudah menghapus perayaan ini.

Menurut legenda kuno, bulan Februari memang dirayakan sebagai bulan kesuburan karena ini adalah bulan ketika burung mencari pasangan untuk kawin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 7 Restoran Rooftop di Jakarta, Pilihan untuk Valentine
    
Mengapa kita menggambar hati sebagai simbol cinta?

Mungkin kita akan kesulitan untuk menggambar hati persis seperti organ dalam tubuh karena yang sangat kompleks.

Sementara, bentuk yang kita kenal ini sangat mudah untuk digambar walau tidak ada yang mengetahui asal mula bentuk hati.

Kemungkinannya adalah bentuk hati menyerupai tanaman silphium yang sudah punah. Tanaman yang ditemukan di negara-negara di Afrika ini digunakan sebagai pewarna makanan, sirup batuk, dan yang paling penting, kontrasepsi. Bentuknya yang diasosiasikan dengan seks akhirnya berubah menjadi cinta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.