Kompas.com - 19/02/2019, 17:31 WIB
Ilustrasi smoothies shutterstockIlustrasi smoothies
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Coba ingat-ingat lagi, seperti apa pola makanmu selama ini? Apakah sudah membiasakan makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, atau justru kebanyakan makan junk food yang tak sehat?

Kamu mungkin tidak sadar bahwa selama ini sudah banyak racun yang masuk ke dalam tubuh karena makanan. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba melakukan diet detoks 7 hari untuk membantu tubuh terbebas dari racun.

Apa itu diet detoks?

Jika selama ini kamu menganggap bahwa diet adalah cara yang dilakukan hanya untuk menurunkan berat badan, kamu salah besar.

Pasalnya, arti diet yang sebenarnya adalah mengatur pola makan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya untuk mengendalikan berat badan, mempercepat penyembuhan penyakit tertentu, dan sebagainya.

Nah, sama halnya dengan jenis diet lainnya, diet detoks adalah mengatur pola makan yang dilakukan untuk membersihkan tubuh dari racun. Diet detoks 7 hari berarti mengatur pola makan untuk detoksifikasi tubuh selama 7 hari.

Tubuh sebetulnya secara alami melakukan detoksifikasi setiap hari. Hal ini dilakukan untuk membuang racun yang menumpuk di dalam organ-organ tubuh, mulai dari hati, ginjal, usus, paru, hingga kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun terkadang, saking banyaknya racun yang masuk, tubuh jadi kewalahan untuk membilas racun-racun tersebut. Akibatnya, tubuh jadi mudah lelah dan rentan terserang penyakit.

Linda Page, ND, PhD, seorang dokter naturopati sekaligus penulis Detoxification, mengungkap kepada Very Well Fit bahwa diet detoks dapat membantu meremajakan dan mengisi ulang kekuatan tubuh. Bahkan, ia juga menyebutkan bahwa diet detoks juga bisa menjadi cara untuk memulai kehidupan yang lebih aktif dan sehat.

Tips sukses melakukan diet detoks 7 hari

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.