Cuka Apel: Manfaat, Efek Samping, dan Cara Pakainya

Kompas.com - 21/02/2019, 11:16 WIB
Ilustrasi cuka apelshutterstock Ilustrasi cuka apel

KOMPAS.com - Cuka apel adalah herbal serba guna yang disebut-sebut dapat memberikan efek positif bagi kesehatan.

Sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno, cuka dari buah apel merupakan salah satu bahan pengobatan yang banyak dipakai oleh ahli kesehatan di masa lalu.

Apa saja manfaat cuka apel yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan? Apakah ada efek sampingnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu cuka apel?

Cuka apel adalah minuman yang dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Setelah cairan apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi untuk memulai proses fermentasi alkohol.

Selain ragi, ditambahkan juga gula dalam cairan apel yang akan diubah menjadi alkohol. Dalam proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter).

Cuka yang diperoleh dari proses fermentasi panjang ini juga menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lain-lain. Ini menjadikan cuka memiliki manfaat sebagai antioksidan serta antibakteri.

Saat ini cuka, terutama cuka apel, mulai kembali dimanfaatkan oleh masyarakat dan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan cuka apel dikabarkan bisa membantu pengobatan penyakit.

Baca juga: Yuk, Menimbang Manfaat dan Risiko Diet Cuka Apel

Apa saja manfaat cuka apel untuk kesehatan?

Umumnya, ada beberapa manfaat cuka apel yang banyak diincar masyarakat untuk mendapatkan khasiatnya. Ini dia enam manfaat cuka apel bagi kesehatan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Ilustrasi timbangankatiko-dp Ilustrasi timbangan
Salah satu manfaat cuka apel yang banyak dipercaya yaitu membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari WebMD, Debbie Davis, RD, seorang ahli gizi menyatakan bahwa cuka apel mungkin berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Sebuah penelitian yang mempelajari efek jangka panjang cuka apel pada kesehatan mmenemukan bahwa konsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan, meskipun memang dalam jumlah yang sedikit.

Halaman:


Sumber


Close Ads X