Efek Kekurangan Asam Lemak Esensial pada Tumbuh Kembang Anak

Kompas.com - 23/02/2019, 10:00 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com - Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 berpengaruh besar pada tumbuh kembang anak, terutama perkembangan otaknya.

Dijelaskan oleh dr.Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), asam lemak esensial berperan paling besar pada 1000 hari pertumbuhan anak, yaitu sejak dalam kandungan sampai usia 2 tahun.

Fungsinya antara lain untuk perkembangan sel, fungsi otak dan saraf, produksi hormon, bahkan respon imun.

"Tanda tubuh kekurangan asam lemak esensial antara lain kulit dan rambut kering hingga berketombe, serta mata kering," paparnya dalam acara media diskusi "Kekurangan Asam Lemak Omega-3 Pengaruhi Intelegensia Anak" di Jakarta (22/2/2019).

Pengaruhnya juga terlihat pada atensi dan perilaku. Misalnya, gangguan pemusatan perhatian, konsentrasi, anak menjadi rewel, atau pun moody.

Kekurangan

Dalam penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition tahun 2016 terungkap, 8 dari 10 anak Indonesia kekurangan asupan omega-3.

Salah seorang peneliti, Prof.Dr.Ahmad Sulaeman, dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB, menjelaskan penelitian itu dilakukan menggunakan data asupan diet Riset Kesehatan Dasar tahun 2010.

"Asupan makanan dan minuman selama 24 jam direkam melalui wawancara. Dari sekian banyak makanan, kita lihat asupan sumber lemak yang signifikan," katanya dalam acara yang sama.

Baca juga: Bahaya Stunting Ketika Berat Badan Bayi Terus Turun

Dipilih 118 makanan, yang dianggap paling merepresentasikan pola makan anak Indonesia. Selanjutnya, diambil contoh makanan-makanan tersebut, dari 13 provinsi, merepresentasikan 78 persen populasi Indonesia.

Setelah itu dievaluasi asupan lemak anak Indonesia berdasarkan kandungan asam lemak yang dikumpulkan dari sampel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X